Tiga kapal perang AS bersandar di Tanjung Perak

Rabu, 30 Mei 2012 - 09:42 WIB
Tiga kapal perang AS bersandar di Tanjung Perak
Tiga kapal perang AS bersandar di Tanjung Perak
A A A
Sindonews.com – Tiga kapal perang milik Amerika Serikat (AS) akhirnya bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal berawak 830 tentara itu datang di Dermaga Gapura Surya sekitar pukul 17.00 WIB setelah menempuh perjalanan lebih dari satu pekan Ketiga kapal tersebut antara lain USS Germantown (LSD-42) atau jenis amphibi buatan tahun 1084, USS Vandegrift (FFG-48) buatan tahun 1982 serta kapal penyelamat pantai (USCG Waesche) buatan tahun 2008.

Kepala Dispenarmatim Letkol Laut (KH) Yayan Sugiana mengatakan kedatangan tiga kapal perang Amerika tersebut sebagai tindak lanjut hubungan bilateral tentara Indonesia dan Amerika yang sudah cukup lama. Selain menjaga hubungan baik, mereka juga akan menggelar latihan perang bersama.

”Latihan bersama bertema Latma Carat/Cooperation Afloat readiness and Training ini akan digelar di markas Koarmatim, Madura dan Kabupaten Situbondo,” katanya sesaat setelah kapal Amerika datang, Selasa 29 Mei 2012.

Yayan menjelaskan, latihan bersama yang digelar kedua tentara antara lain, Demonstrasi Centrixs di Puslat Kaprang Kolatarmatim dan Marinir Exercise di Karangtekok Situbondo, Simposium Milops, aviation, Submarine, Medical Subject Matter Exchange (SMEE), intel MEE, Engineering SMEE dan Simposium Navedtra.

Di samping itu juga menggelar beberapa pelatihan,meliputi teori dan praktik VBSS dan Riverine Marinir berpusat di pangkalan Surabaya dan Karangtekok Situbondo, Force Protection, Aviation di Pangkalan Juanda dan melaksanakan Sea Phase di Laut Jawa.

”Khusus untuk kegiatan baksi sosial akan dilaksanakan di Desa Kwanyar Madura.Kegiatan ini akan melibatkan satu kompi batalyon Zeni Korps Marinir dan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Yayan menambahkan, sesuai jadwal, seluruh latihan bersama Carat 2012 akan berlangsung selama delapan hari, mulai 30 Mei sampai 7 Juni.Dalam momen ini TNI AL akan melibatkan tiga kapal perang, antara lain KRI Diponegoro-365, KRI Banjarmasin-592, KRI Sutedi senoputra-378. Selain itu juga ada pesawat Cassa, Heli Bell, Heli BO-105, Pasmar 1 Surabaya 7 BTR-50, Lantamal V,Dislambair dan Satkopaska Koarmatim.

Adapun personel yang terlibat adalah 1.244 orang. ”Selama ini Latma Carat antara kedua angkatan laut telah terlaksana beberapa kali,dan ini sangat menguntungkan, baik teknis maupun taktis matra laut,” pungkas Yayan.

Sementara itu, sumber di Koarmatim menjelaskan, selain latihan perang bersama, kagitan unik yang bakal dilakukan dalam Latma Carat 2012 adalah kolaborasi pentas musik antara korps musik TNI AL dan US Navy.Kegiatan ini rencana akan digelar di SMU 4, 5 dan 6, serta Tunjungan Plaza dan Ciputra Golf.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7888 seconds (0.1#10.140)