Tujuh kecamatan rawan kekeringan

Selasa, 29 Mei 2012 - 09:20 WIB
Tujuh kecamatan rawan kekeringan
Tujuh kecamatan rawan kekeringan
A A A
Sindonews.com - Tujuh Kecamatan di Boyolali diprediksi akan mengalami kekeringan. Wilayah yang terletak di daerah utara Boyolali dan lereng Gunung Merapi itu setiap tahun selalu kekurangan air saat musim kemarau datang.

Kabag Kesra Setda Boyolali Tri Murni mengatakan, daerah utara yang rawan kekeringan adalah Kecamatan Juwangi,Wonosegoro, Andong,dan Kemusu. Sementara di lereng Merapi, yakni Kecamatan Musuk,Cepogo, dan Selo. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait pemetaan daerah yang rawan kekeringan.

“Hasil yang spesifik akan digunakan untuk pengaturan distribusi air bersih ke wilayah yang krisis air,” ujar Tri Murni, Senin 28 Mei 2012.

Pemkab Boyolali telah menganggarkan dana Rp35 juta guna kepentingan pendistribusian air.Kalau kekurangan, selanjutnya bisa dianggarkan kembali dalam Anggaran Pendapatan danBelanjaDaerah(APBD) Perubahan. Masyarakat tinggal melapor ke Kepala Desa yang dilanjutkan ke camat guna pengajuan air bersih ke kabupaten. Jadi warga tidak perlu membuat proposal karena Pemkab Boyolali telah menyediakan blangko pengajuan.

Kasubag Sosial dan Keagamaan Boyolali Nuryadi menambahkan, kebutuhan air di wilayah utara Boyolali lebih sedikit dibanding lereng Merapi. Masyarakat yang tinggal di lereng gunung teraktif di dunia itu juga memanfaatkan air bersih untuk minum ternak.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2124 seconds (0.1#10.140)