12 kecamatan di Parepare rawan bencana

Senin, 28 Mei 2012 - 13:37 WIB
12 kecamatan di Parepare rawan bencana
12 kecamatan di Parepare rawan bencana
A A A
Sindonews.com - Dua kecamatan di Kota Parepare yakni Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat merupakan dua wilayah yang paling rawan terhadap bencana alam, utamanya pada saat musim penghujan.

Bencana yang kerap mengancam dua wilayah tersebut adalah longsor dan banjir. Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki merupakan kelurahan yang paling sering dihantam banjir setiap tahun.

"Intensitas curah hujan yang tinggi menjadi salah satu penyebab rawannya kedua kecamatan tersebut terhadap bencana. Setiap kali hujan, tanah dan batu besar ikut tergerus hingga ke permukiman warga," kata Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Amir Lolo kepada wartawan, Senin (28/5/2012).

Bacukiki yang berada di wilayah pegunungan, menurut Amir memang sangat mempengaruhi kondisi kecamatan tersebut pada musim penghujan, selain karena karena dekatnya wilayah tersebut dengan sungai dan muara.

Sementara di Bacukiki Barat juga memiliki potensi yang sama. Kelurahan Lumpue yang berpotensi diterjang angin puting beliung, karena kondisi geografisnya pegunungan. Kelurahan Cappa Galung dan Kelurahan Bukit Harapan juga berpotensi bencana tanah longsor, karena wilayah tersebut berada di kawasan bertanah sangat lembek dan tidak berbatu.

"Masyarakat diimbau untuk menjaga alam agar terhindar dari longsor dan banjir," katanya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8021 seconds (0.1#10.140)