Aksi penolakan Komisaris Independen PT Vale Indonesia berlanjut

Jum'at, 25 Mei 2012 - 21:02 WIB
Aksi penolakan Komisaris Independen PT Vale Indonesia berlanjut
Aksi penolakan Komisaris Independen PT Vale Indonesia berlanjut
A A A
Sindonews.com - Protes sejumlah elemen masayarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Terdampak Operasi PT Vale Indonesia Tbk terhadap pengangkatan tiga komisaris Independen PT Vale Indonesia Tbk masing-masing Arief T. Surowidjojo, Irwandy Arif an Idrus Paturusi terus berlanjut. Aksi blokade jalan memasuki hari ketiga ini jumlah demonstran semakin bertambah.

Ratusan massa menumpahkan kekecewaannya dengan membakar ban bekas serta mencegat seluruh kendaraan operasional PT Vale Indonesia Tbk yang melintas di jalan tersebut dengan membentang spanduk bertuliskan kecaman atas pengangkatan komisaris independen tanpa mempertimbangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat daerah ini.

Tidak satu pun kendaraan milik perusahaan tambang luput dari razia yang dilakukan pengunjuk rasa. Pasalnya, setiap kendaraan yang melintas di lokasi aksi diperiksa satu persatu. Bukan, karyawan PT Vale Indonesia Tbk dilarang melintas.

"Kami (warga) akan tetap bertahan dan menggelar aksi menutup akses jalan kendaraan dan karyawan perusahaan, hingga tuntutan kami terpenuhi," kata Samuel salah seorang peserta unjuk rasa menjelaskan, Jumat (25/5/2012).

Sementara, Presiden Direktur dan CEO PT Vale Indonesia Tbk Nico Kanter dalam realesenya mengatakan, pengangkatan tiga komisaris independen melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) 25 April lalu telah sesuai prosedur sebagaimana yang tertuang dalam ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Nico Kanter juga menyatakan permohonan maaf atas adanya ketidaknyamanan sehubungan dengan penunjukan komisaris independen PT Vale Indonesia Tbk yang telah diangkat dalam RUPS itu.

“Proses penunjukan komisaris independen telah sesui prosedur dan mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan,” sebut Nico dalam releasenya.

Unjuk rasa daru berbagai elemen masyarakat ini mulai terjadi pasca Ketua DPRD Lutim Sarkawi A Hamid mengeluarkan pernyataannya untuk mengajak warga memboikot aktivitas PT Vale Indonesia jika pengangkatan tiga komisaris independen PT Vale Indonesia Tbk tidak dianulir.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6001 seconds (0.1#10.140)