Cuaca ekstrim diprediksi hingga Mei

Senin, 14 Mei 2012 - 09:38 WIB
Cuaca ekstrim diprediksi hingga Mei
Cuaca ekstrim diprediksi hingga Mei
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kenten, Palembang memprediksi Kota Palembang akan diwarnai suhu udara panas cukup ekstrim sampai akhir bulan Mei selain ancaman angin puting beliung.

Suhu udara bahkan dapat mendekati 35 derajat celcius.“Matahari mulai tinggalkan equator. Maka suhu sekarang ini adalah sisa jejaknya selama beberapa hari terakhir.Dan memang panas karena mulai 33 derajat sampai mendekati 35 derajat celcius,” ungkap Kepala Stasiun BMKG, Kenten, Palembang, Muhammad Irdam, Minggu 13 Mei 2012.

Kondisi ini, kata dia, akan berlangsung hingga akhir bulan Mei, khususnya pada tengah hari. Sebaliknya saat pagi hari suhu cenderung normal di bawah 32 derajat celcius.

Selain cuaca yang panas, Kota Palembang, kata dia, juga akan diwarnai adanya kabut radiasi pagi hari. Kondisi ini umumnya terjadi jika pada sore hari sebelumnya terjadi hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Hal itulah yang keesokan paginya berubah bentuk menjadi uap air atau kabut radiasi dan mulai terjadi sejak pukul 04.00 WIB.

“Ini proses transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Perlahan awal Juni kondisi suhu akan kembali normal,” jelasnya.

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Kota Palembang, Alfrinelda mengimbau masyarakat lebih baik berada di rumah apabila tidak memiliki keperluan mendesak.

“Saat panas banyak sekali debu yang berterbangan dan rawannya penyakit. Terutama untuk balita diharapkan tidak usah diajak sering keluar rumah,” katanya.

Dikatakan Alfrinelda, ekstrimnya suhu di Kota Palembang, bisa memicu beberapa penyakit khususnya infeksi saluran pernapasan (ISPA).

”Penyakit yang sering terjadi seperti radangtenggorokan, mata, saluran pencernaan akibat makanan jajanan yang terkena debu menimbulkna diare,” katanya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7546 seconds (0.1#10.140)