Istri cawalkot Tasik tewas kecelakaan mobil

Rabu, 09 Mei 2012 - 09:35 WIB
Istri cawalkot Tasik tewas kecelakaan mobil
Istri cawalkot Tasik tewas kecelakaan mobil
A A A
Sindonews.com - Kecelakaan di tol Cipularang seakan tak pernah berhenti. Kali ini menimpa calon Wali Kota (Cawalkot) Tasikmalaya Mumung Marthasasmita (62), yang mobilnya menyeruduk truk di Km 72+990, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, kemarin.

Dalam insiden itu, istri Mumung, Tin Hartini (53), warga Jalan Kemuning Langsat CV No 19 RT 19/10, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, tewas di lokasi dengan kondisi mengenaskan. Mumung bersama satu penumpang lainnya, Tedi Rosmiadi (37), warga Dusun Kota RT 13/05, Cipalu, Ciamis, lolos dari maut kendati mengalami luka-luka.

Peristiwa tragis yang terjadi pada Senin 7 Mei 2012 malam itu, berawal ketika Mumung yang mengendarai Honda City bernopol B 1063 V melaju kencang dari Bandung menuju Jakarta.

Saat tiba di lokasi, mendadak mobil tersebut tak bisa dikendalikan hingga oleng ke kiri masuk jalur lambat. Di saat bersamaan terdapat truk Colt Diesel bermuatan pasir bernopol T 9056 DA yang dikemudikan Iyang bin Eman (30), warga Kampung/Desa Rancadaka RT 02/01, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang.

Adanya hambatan kendaraan lain yang berada di depannya, membuat Honda City tak dapat mengerem mendadak. Kendaraan korban langsung menyeruduk bagian belakang truk hingga ringsek di bagian depan sebelah kiri, tempat dimana korban tewas berada.
Mobil korban sempat terseret sejauh 40 meter sebelum akhirnya berhenti di row jalan. Setelah kecelakaan, sejumlah petugas PT Jasa Marga, Patroli Jalan Raya (PJR) Induk Cipularang, serta Unit Lakalantas Polres Purwakarta mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Petugas kesulitan mengevakuasi para korban karena kedua kendaraan menempel rapat. Namun,setelah berjuang beberapa menit, akhirnya kedua kendaraan dapat dipisahkan dan semua korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Efarina Etaham Purwakarta.

Kanit Lakalantas Polres Purwakarta Iptu Rullyanto Fahroen mengatakan, kecelakaan ini diduga karena sopir mengantuk, sehingga tidak bisa mengantisipasi kendaraan yang ada di depannya. "Kami masih menyelidiki penyebab kecelakaan. Untuk memastikan kebenaran apakah memang sopir mengantuk masih menunggu hasil pemeriksaan," ujarnya.

Diketahui, sehari sebelumnya KPUD Kota Tasikmalaya menetapkan nomor urut tiga pasangan calon WaliKota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya 2012- 2017. Dari tiga pasangan itu, Mumung Marthasasmita berpasangan dengan Taufik Faturohman.

Pasangan nomor urut dua ini maju dari jalur independen. Sebelumnya, 30 April 2012, mobil Isuzu Elf Z 1159 NF berpenumpang satu keluarga terlibat kecelakaan di ruas tol Cipularang Km 100+200 jalur B (arah Jakarta), tepatnya di Desa Tenjo Laut, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Bandung Barat.

Akibatnya,seorang bocah tewas dan lima lainnya luka-luka. Korban tewas adalah Hendro (8), dan empat kerabatnya yang terluka masingmasing Egi (25) Edi (39), Titin (42), mereka merupakan warga RT 03/02 Desa Taruna Jaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan sopir Agus Badruzaman (41), warga Desa Margalaksana, Kecamatan Sukaraja, mengalami luka.

Kecelakaan berawal saat Elf melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Ketika Elf menyalip kendaraan di depannya, sebuah truk melaju dengan kecepatan rendah dan Elf tidak sempat mengerem hingga menabrak belakang truk. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6548 seconds (0.1#10.140)