Contek massal masih membayangi SDN Gadel

Senin, 07 Mei 2012 - 16:09 WIB
Contek massal masih...
Contek massal masih membayangi SDN Gadel
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SDN Gadel 2 Kecamatan Tandes, Surabaya hingga saat ini berjalan kondusif. Namun sebanyak 70 siswa sekolah tersebut tidak bisa lepas dari bayang-bayang contek massal yang pernah terjadi di sekolah ini.

Fakta ini terlihat dalam pelaksanaan UN di SDN Gadel 2 tersebut. Di pintu masuk sekolah tertulis 'Mohon tenang ada ujian'. Sementara seorang satpam terus bersiaga di dekat pintu masuk utama sekolah ini.

"Kami tentu tak ingin isu contek massal kembali terulang. Ujian sampai saat ini berjalan lancar dan kondusif," kata Minarti, Kepala SDN Gadel 2, saat ditemui wartawan, Senin (7/5/2012).

Delapan pengawas ruang dan satu pengawas independen dikerahkan untuk mengawasi jalannya pelaksanaan UN di SDN Gadel. Setiap gerak-gerik siswa di sekolah ini diawasi. Bahkan ada siswa yang ke belakang terus dibuntuti oleh pengawas.

"Pengawasan sesuai prosedur dan tak ada yang istimewa. Semua sesuai aturan pusat," tambah Minaerti, pengganti Kasek lama, Sukatman.

Sukatman, kasek lama dicopot setelah mencuat contek massal di SDN Gadel 2. Isu ini kemudian menjadi perhatian dan isu nasional. Pendidikan karakter, kejujuran menjadi tema pendidikan saat ini.

UN di SDN Gadel 2 diikuti oleh 70 peserta. Mereka sudah sejak pukul 07.00 WIB memadati setiap ruang ujian. Tak ada siswa yang telat. Semua juga tak ada yang absen.

Sementara salah seorang siswa peserta UN di SDN Gadel Hendro Basuki mengaku tidak ingin aksi contek massal kembali terjadi di sekolahnya. Dia yakin siswa-siswa sudah mantap dalam menjalankan ujian.

Tahun lalu, SDN Gadel 2 menggemparkan dunia pendidikan Indonesia dengan adanya contek massal dalam UN. Contek massal tersebut terungkap setelah ada laporan dari salah seorang orangtua siswa.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0693 seconds (0.1#10.140)