Pilkada Bangkalan digelar 12-12-2012

Rabu, 02 Mei 2012 - 15:43 WIB
Pilkada Bangkalan digelar 12-12-2012
Pilkada Bangkalan digelar 12-12-2012
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan dipastikan akan digelar pada 12 Desember 2012. Penentuan waktu pemungutan suara tersebut sudah ditetapkan melalui rapat pleno dan masuk dalam jadwal tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, Syaiful Ismail menyatakan, untuk jadwal pemilihan dalam Pilkada Bangkalan, dipastikan jatuh pada Rabu, 12 Desember 2012.

"Untuk pemilihan atau pencoblosan, sudah kami masukkan dalam jadwal, digelar 12-12-2012 nanti. Itu sudah hasil keputusan rapat pleno," ujar Syaiful menjelaskan di ruang kerjanya, Rabu (2/4/2012).

Syaiful menjelaskan, jadwal pemilihan sudah masuk dalam tahapan Pilkada. Di mana, untuk saat ini, tahapan masih sampai pada rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Menurutnya, sudah banyak yang mendaftar PPK, tinggal proses seleksi dan ujian saja.

Selanjutnya, untuk tahapan Pilkada akan banyak lagi, mulai dari masa pendaftaran bakal calon dan masa kampanye. Artinya, dalam hitungan enam bulan ke depan menjelang Pilkada, seluruh tahapan pelaksanaan yang berkaitan dengan Pilkada sudah dimulai dan dibuka.

"Kami tinggal menjalankan tahapan yang sudah disepakati. Untuk saat ini, masih tahapan rekruitmen PPK," tandas Syaiful.

Dia berharap partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, paling tidak keterlibatannya dalam menyukseskan Pilkada akan datang. Pihak KPU, hanya sebagai pelaksana saja, masih butuh dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat.

"Kami berharap Pilkada kali ini sukses, sehingga butuh partisipasi dan peran aktif masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, aktivis Pusaka Bangkalan, Aliman Harish mengatakan Pilkada merupakan ajang demokrasi yang harus menempatkan masyarakat sebagai subyek.
Sehingga, partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin selama lima tahun ke depan harus benar-benar dijaga. "Terpenting, masyarakat diberi kebebasan dan keleluasaan dalam memilih," ucapnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9814 seconds (0.1#10.140)