Susiyani diduga gunakan agen TKI ilegal

Senin, 30 April 2012 - 15:15 WIB
Susiyani diduga gunakan...
Susiyani diduga gunakan agen TKI ilegal
A A A
Sindonews.com - Ni Luh Endang Susiyani (31), Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Amerika Serikat (AS) yang tewas ditembak perampok diduga diberangkatkan oleh agen tenaga kerja ilegal.

Hal tersebut terungkap dari data yang dimiliki Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang tidak menemukan data dari Susiyani.

Kepala BNP3TKI Bali Wayan Pageh mengatakan, sampai saat ini keberadaan korban diberangkatkan dengan agen penyalur tenaga kerja mana belum terlacak.

"Kami sudah melacak seluruh perusahan pengerah jasa tenaga kerja di Bali, ada sekira 39 perusahan namun satu pun nama korban tertera di sana," ungkap Pageh menjelaskan di Denpasar, Senin (30/4/2012).

Demikan juga nama kekasih korban Wayan Arnawi. BNP2TKI juga tidak menemukan nama Arwani terdaftar di perusahan pengerah tenaga kerja.

Pihaknya juga terus melacak identitas korban dan nama kekasihnya di BNP2TKI yang tersebar di 19 provinsi di Indonesia, namun kedua nama tersebut tidak muncul.

"Kalau namanya terdaftar, pelacakan akan sangat mudah sebab sistemnya online di seluruh BP2TKI di Indonesia," paparnya.

Upaya lain dengan melakukan pencarian otomatis, tetap saja kedua nama tersebut tidak terdaftar.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Bali I Wayan Wirata langsung memastikan jika perusahan atau agen yang memberangkatkan Endang Susiyani adalah ilegal.

"Kami bisa memastikan perusahan tersebut ilegal karena berdasar hasil pelacakan nama korban belum ditemukan," ungkapnya secara terpisah kepada wartawan.

Kendati begitu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BP2TKI Bali dan berupaya melakukan pelacakan perusahaan tersebut guna dimintai keterangannya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0668 seconds (0.1#10.140)