Dinkes Jabar imbau masyarakat waspadai Flu Singapura

Minggu, 29 April 2012 - 09:22 WIB
Dinkes Jabar imbau masyarakat waspadai Flu Singapura
Dinkes Jabar imbau masyarakat waspadai Flu Singapura
A A A
Sindonews.com - Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat tubuh mudah terserang penyakit, khususnya flu.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyat mengimbau masyarakat supaya mewaspadai penularan penyakit flu. "Masyarakat supaya meningkatkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," kata Alma, kepada wartawan via telepon, 28 April 2012.

Kejadian flu singapura, lanjutnya, misalnya pernah menyerang warga Depok. Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Depok pada 2012 tercatat sudah ada 34 kasus warga yang terkena flu singapura. Meski begitu, saat ini warga yang terkena flu singapura tersebut sudah sembuh.

Alma mengatakan, menurut laporan tersebut flu singapura di Depok terjadi sejak awal tahun hingga Jumat 27 April kemarin. Dari data tersebut ada 43 warga yang terkena flu singapura. "Kasus tersebut sudah ditangani. Pasien dinyatakan sembuh seperti sedia kala," jelasnya.

Menurutnya, Flu Singapura memiliki gejala demam, disertai sakit leher, nafsu makan menurun, pilek, ruam di mulut, tangan, dan kaki.

Untuk itu, diharapkan warga selalu menerapkan pola PHBS. Misalnya, saat menggunakan barang orang lain harus dalam kondisi steril. "Karena penularan (flu) bisa dari debu dan lainnya," pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7191 seconds (0.1#10.140)