Granat aktif ditemukan dekat LP Palopo

Minggu, 15 April 2012 - 14:29 WIB
Granat aktif ditemukan dekat LP Palopo
Granat aktif ditemukan dekat LP Palopo
A A A
Sindonews.com - Sebuah granat nanas diduga masih aktif ditemukan warga Rampoang, tak jauh dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Kota Palopo. Granat tangan ini ditemukan salah seorang warga yang tinggal di dekat LP, di halaman rumahnya.

"Iya, memang benar ada granat nanas ditemukan di rumah warga, tetangga Lapas. Tapi, granat ini sudah diamankan aparat kepolisian dari Polsek Wara Utara," kata Kepala LP Palopo, Sukamto menjelaskan ketika dihubungi, Minggu (15/4/2012).

Dia menegaskan, kabar yang sempat beredar di masyarakat, bahwa granat itu ditemukan dalam areal halaman LP. Kabar tersebut langsung ditepis oleh Sukamto.
"Kabar ini perlu diluruskan, agar tidak menimbulkan penafsiran lain. Apalagi, granat itu memang ditemukan di halaman rumah warga yang kebetulan dekat dengan LP," kata Sukamto.

Subair (34), warga yang menemukan granat tersebut di halaman rumahnya, mengatakan, saat membersihkan halaman rumahnya, dirinya menemukan benda yang bentuknya seperti granat.

"Saya tahu benda tersebut granat karena sering lihat di televisi, jadi saya tahu itu granat," katanya.

Karena khawatir akan meledak dan terjadi apa-apa, Subair bersama beberapa tetangganya, melaporkan penemuan granat tersebut kepada sipir Lapas dan aparat berwajib yang bertugas di Lapas. Selanjutnya, Kalapas Palopo melaporkan penemuan granat itu ke Polres Palopo.

Kapolres Palopo, AKBP Muh Fajaruddin dikonfirmasi Sindo, mengatakan, granat yang ditemukan di Rampoang itu, kemarin, telah dibawa anggotanya ke Markas Brimob Kompi C Baebunta, Kabupaten Luwu Utara untuk diamankan.

Granat nanas ini, ditemukan dalam kondisi berkarat akibat tertanam dalam tanah dalam jangka waktu yang lama. "Untuk sementara, granat ini kemungkinan besar sudah tidak aktif karena berkarat, tetapi untuk keamanan diamankan ke Markas Brimob Baebunta," kata Fajaruddin.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0543 seconds (0.1#10.140)