UN masih menjadi momok menakutkan siswa

Minggu, 15 April 2012 - 08:15 WIB
UN masih menjadi momok...
UN masih menjadi momok menakutkan siswa
A A A
Sindonews.com - Ujian Nasional yang akan dilangsungkan pada Senin 16 April 2012 masih menjadi momok menakutkan sejumlah siswa. Mereka masih beranggapan, UN sebagai penentu kelulusan selama belajar tiga tahun di bangku SMA dan SMP sederat.

Seperti yang terjadi di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Tampak ratusan siswa kelas XII di SMAN 1 Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara, menggelar istigozah pada Sabtu 14 April 2012 kemarin.

Dalam doa bersama itu, ratusan siswa kelas XII SMAN 1 Panyabungan, dengan khusuk berdoa, memohon kepada Tuhan agar dimudahkan segala usahanya saat ujian nanti.

Saat guru menyampaikan materi doanya, tiba-tiba terdengar suara tangis dari arah siswa yang diikuti oleh para siswa lainnya. Seketika, acara doa dan zikir bersama berubah menjadi haru. Melihat para murid bersedih, para guru memberikan arahan kepada siswa untuk merenung sejenak.

Menurut salah seorang siswa, ujian nasional memang masih menjadi momok yang menakutkan. Meskipun kenyataannya faktor kelulusan saat ini tidak hanya berpatokan pada hasil UN melainkan dikomparasikan dengan hasil nilai raport selama tiga tahun.

Selesai berdoa, para siswa langsung menyalami guru mereka dan meminta doa restu agar lulus mengikuti UN. Pada UN tahun ini, tercatat sebanyak 8.000 siswa SMA sederajat di Mandailing Natal, Sumut akan mengikuti ujian. Para siswa itu tersebar di 60 sekolah. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2228 seconds (0.1#10.140)