Sengketa lahan, tiga pondok warga dibakar

Jum'at, 13 April 2012 - 14:30 WIB
Sengketa lahan, tiga pondok warga dibakar
Sengketa lahan, tiga pondok warga dibakar
A A A
Sindonews.com - Tiga unit pondok penggarap dibakar massa tak dikenal di Desa Bandarklippa, Kecamatan Percut Seituan, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Pembakaran tersebut dipicu oleh konflik lahan garapan Pasar XIII, Dusun XIX.

Pembakaran tiga pondok warga di lahan garapan Pasar XIII, Dusun XIX, Desa Bandarklippa, Kecamatan Percut Seituan, Deli Serdang tersebut diduga dilakukan oleh Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) II pada pukul 10.00 WIB.

Akibatnya, warga geram dan membuat aksi balasan dengan menyerbu kantor Afdeling sekaligus merusak sebuah pos sekuriti.

Menurut keterangan Ketua Kelompok Tani Forum Rakyat Bersatu, Prapto mengatakan aksi pembakaran tersebut berawal dari kedatangan sejumlah pegawai PTPN II ke lokasi lahan garapan warga. Beberapa warga sedang berada di lahan garapan tersebut untuk bercocok tanam dan tidak menghiraukan kedatangan karyawan PTPN II tersebut.

"Namun tiba-tiba saja, Karyawan PTPN bersama sekuriti langsung membakar tiga pondok milik petani Forum Rakyat Bersatu," ujar Prapto menjelaskan kepada wartawan, Jumat (13/4/2012).

Penggarap lainnya yang mendapat informasi pondok telah dibakar oleh pihak perkebunan milik pemerintah itu spontan mendatangi kantor Afdeling Bandarklippa yang tak jauh dari lokasi pondok tersebut.

Warga melakukan pembalasan dengan merusak sebuah pos sekuriti kebun milik PTPN II Bandarklippa," paparnya.

Petugas polsek Percut Seituan yang mengetahui ada aksi pembakaran pondok penggarap langsung turun ke lokasi. Hingga berita ini diturunkan puluhan warga penggarap masih berjaga di lokasi lahan garapan seluas 77 hektare yang diklaim milik warga penggarap kelompok petani forum rakyat bersatu.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4803 seconds (0.1#10.140)