Gempa, aktivitas Gunung Sorik Marapi meningkat

Kamis, 12 April 2012 - 14:08 WIB
Gempa, aktivitas Gunung Sorik Marapi meningkat
Gempa, aktivitas Gunung Sorik Marapi meningkat
A A A
Sindonews.com - Aktifitas gunung Sorik Marapi di Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) meningkat pascagempa berkekuatan 8,5 skala Richter (SR), Rabu 11 April 2011.

Petugas pemantau Gunung Sorik Marapi, Erry Priyatna mengatakan pascagempa besar berturut-turut berpusat Pulau Simeuleu, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), sejumlah gunung berapi di wilayah Sumut mendapat pemantauan serius.

"Dikhawatirkan aktivitasnya akan mulai menggeliat. Gunung Sorik Marapi mulai mengalami peningkatan aktivitas meskipun statusnya saat ini masih aktif normal," ujar Erry menjelaskan kepada wartawan, Kamis (12/4/2012).

Dari pantauan seismograf, mulai pagi hingga siang ini memang terjadi beberapa kali gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal meskipun skalanya tidak begitu besar. Tercatat lima kali gempa vulkanik dalam dan tiga kali gempa vulkanik dangkal.

Kondisi ini memang tidak serta merta meningkatkan status gunung yang saat ini masih berstatus pada level aktif normal. Menurut Erry peningkatan status gunung baru diberlakukan setelah aktivitas gunung dipantau selama
satu bulan.

"Memang terjadi aktivitas pada magma Gunung Sorik Marapi akibat ikut bergetar setelah diguncang gempa di aceh kemarin," paparnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)