27 negara diperkirakan terkena Tsunami

Rabu, 11 April 2012 - 17:14 WIB
27 negara diperkirakan terkena Tsunami
27 negara diperkirakan terkena Tsunami
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan gempa berkekuatan 8,5 skala Ritcher (SR) di Bengkulu, Lampung, Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, berpotensi tsunami. Sementara Pacific Tsunami Warning Center tsunami diperkirakan terjadi di 27 negara sekitar.

"Gempa sebesar ini berpotensi menimbulkan tsunami ganas yang mempengaruhi seluruh garis pantai di sepanjang cekungan Samudera Hindia," tulis penyataan Tsunami Warning Center, Rabu (11/4/2012).

Berdasarkan evaluasi, Badan ini meminta pemerintah di 27 negara untuk waspada dan melakukan penanganan yang tepat, termasuk perintah evakuasi.

Negara-negara tersebut adalah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maladewa, Inggris, Malaysia, Mauritius, Reunion, Seychelles, Pakistan, Somalia, Oman, Madagaskar, Iran, Uni Emirat Arab, Yaman, Komoro, Bangladesh, Tanzania, Mozambik, Kenya, KEpulauan Crozet, Kerguelen, Afrika Selatan dan Singapura.

Badan ini memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu. Negara terakhir yang dihantam tsunami diprediksi adalah Singapura yang diperkirakan tiba pada pukul 23.51.

Hal itu berdasarkan data peringatan tsunami yang dikeluarkan Pasific Tsunami Warning Center (PTWC) ke seluruh negara-negara di wilayah Samudera Hindia, setelah gempa 8,5 SR yang mengguncang Aceh, pukul 15.39 WIB.

"Gempa sebesar itu berpotensi menimbulkan tsunami yang merusak yang berdampak di sepanjang garis pantai di Samudera Hindia. Namun, belum diketahui apakah saat ini terjadi tsunami atau tidak," demikian peringatan PTWC. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6604 seconds (0.1#10.140)