542 pelajar ikut seleksi siswa berprestasi

Selasa, 10 April 2012 - 09:11 WIB
542 pelajar ikut seleksi siswa berprestasi
542 pelajar ikut seleksi siswa berprestasi
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 542 pelajar jenjang SD/MI, SMP/- MTs dan SMA/SMK/MA se- Kota Palembang mengikuti seleksi siswa berprestasi 2012 kemarin. Angka ini dinilai melebihi target Disdikpora Kota Palembang yang semula hanya menetapkan 400 pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda,dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang Riza Pahlevi mengatakan, peserta yang mengikuti seleksi siswa berprestasi ini adalah mereka yang sudah terpilih sebagai pelajar terbaik di masing-masing sekolah. Sebanyak 542 siswa ini terdiri dari 96 siswa SD/MI,289 siswa SMP/MTs, dan 157 siswa SMA/MA. Mereka akan bersaing untuk maju mewakili Kota Palembang di jenjang Provinsi Sumsel.

“Harapan kita, ada perwakilan dari mereka yang maju ke jenjang nasional karena selama ini memang belum ada, kecuali guru berprestasi. Kami pun berharap anak didik ini mengikuti seleksi dengan sportif tanpa kecurangan,” kata Riza seusai membuka peresmian seleksi siswa berprestasi di SMPN 9 Palembang kemarin. Dari seleksi ini,potensi dan bakat para siswa di Kota Palembang dapat terlihat dengan kompetisi yang sehat.

Mereka yang sudah mengikuti seleksi ini pun sudah termasuk anak yang smart,yakni mereka yang berkemampuan sains yang baik, mandiri dalam belajar, amanah dalam tanggung jawabnya membawa nama baik sekolah, religius dengan bertawakal, dan tegar untuk bersaing sehat. Staf Bagian Pengembangan Pemuda Disdikpora Kota Palembang Hesty selaku ketua penyelenggara seleksi siswa berprestasi menambahkan, dari 542 siswa yang mengikuti seleksi ini, akan dicari enam juara di masing-masing jenjang, dengan penghargaan berupa trofi dan uang pembinaan.

Adapun pelajaran yang diujikan antara lain bahasa Indonesia, bahasa Inggris,PKN,dan matematika. Selain diuji akademis, para siswa akan diseleksi dari sisi kepemimpinan, keterampilan, dan kreativitasnya. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Juri I Gede Mendera mengungkapkan, para siswa akan mengikuti seleksi dalam dua tahapan,yakni tahap tertulis dan keterampilan. Tim juri terdiri dari guru berprestasi dan pihak Disdikpora Kota Palembang yang sudah berpengalaman dalam menilai siswa berprestasi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2023 seconds (0.1#10.140)