Tersabar petir, pelayanan e-KTP terganggu

Senin, 02 April 2012 - 08:43 WIB
Tersabar petir, pelayanan e-KTP terganggu
Tersabar petir, pelayanan e-KTP terganggu
A A A
Sindonews.com - Peralatan layanan elektronik KTP (e- KTP) di Kecamatan Dempo Selatan meledak karena disambar petir saat terjadi angin puting beliung dan hujan deras beberapa waktu lalu.

Akibatnya, pelayanan e-KTP didaerah tersebut dipastikan akan terganggu sehingga harus segera dilakukan perbaikan. Informasi yang didapat menyebutkan, angin puting beliung melanda Kecamatan Dempo Selatan beberapa waktu lalu, selain merusak puluhan rumah warga juga merusak peralatan jaringan layanan elektronik KTP (e-KTP) yang berada di ruang operator kantor Camat Dempo Selatan. Pasalnya, angin puting beliung yang disertai hujan dan petir tersebut ikut menyambar peralatan hingga terbakar.

Camat Dempo Selatan Rachmad Madroh melalui staf Kecamatan Pandri mengatakan, bahwa pihaknya baru mengetahui jika jaringan alat di kantor Camat Dempo Selatan rusak lantaran disambar petir. Akibatnya, beberapa jaringan e-KTP hangus,mulai dari tempat penyimpanan data hingga kabel aliran listrik. Selain itupula, mesin printer juga rusak.

“Kami baru mengetahui jika peralatan e-KTP rusak disambar petir. Kemungkinan besar, kerusakan tersebut bersamaan dengan terjadinya angin puting beliung beberapa waktu lalu. Hal ini dikarenakan angin puting beliung tersebut juga bersamaan dengan hujan deras dan petir,” paparnya.

Menurut dia, dengan terjadinya kerusakan tersebut dipastikan jika belum ada perbaikan sampai pihak kecamatan belum bisa, memberikan layanan perekaman maupun pengentrian data e-KTP susulan warga. Untuk itu, pihaknya mengharapkan agar warga untuk tetap bersabar.

“Sudah barang tentu buat pelayanan e-KTP disini menjadi terhambat.Jadi,untuk mengatasi permasalahan ini, kita telah berkoordinasi kepada Kecamatan Dempo Tengah, dengan mengalihkan pelayanan sementara. Jadi, bagi para warga yang ingin melakukan perekaman dan pengentrian data e-KTP susulan akan diarahkan ke Kecamatan Dempo Tengah yang jaraknya tidak jauh,” paparnya.

Dengan adanya pengalihan ini, pihaknya berharap agar urusan masyarakat tidak menjadi terhambat. Untuk itu, lebih baik dialihkan terlebih dahulu, sembari menunggu adanya upaya langkah perbaikan dari dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam.

“Kerusakan peralatan e- KTP ini sudah dilaporkan kepada Disdukcapil Kota Pagaralam. Kita menunggu adanya upaya perbaikan sehingga pelayanan dapat kembali lancar,” ujar Rachmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam Zainal Arifin melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Mirsan Yusaki mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari pihak kecamatan terkait kerusakan jaringan akibat pemancar disambar petir. Dimana akibat hal ini membuat dua set perangkat e-KTP rusak termasuk jaringan server tidak tersambung ke pusat.

Namun sejauh ini pihaknya tetap melakukan pelayanan dengan cara manual dan secara mobile oleh putagas di lapangan. “Kerusakan ini tidak mengganggu jaringan di kecamatan lain, kerusakan ini juga sudah dilaporkan ke pusat untuk dilakukan perbaikan,” ungkap Mirsan.

Dia menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu teknisi untuk melakukan perbaikan. Dimana, untuk perbaikan peralatan e-KTP di Kota Pagaralam akan ditangani oleh Sub Rayon Sumatera.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0181 seconds (0.1#10.140)