Kandidat bupati kampanye di try out siswa

Minggu, 01 April 2012 - 21:06 WIB
Kandidat bupati kampanye di try out siswa
Kandidat bupati kampanye di try out siswa
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan try out tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar di sejumlah daerah di Kabupaten Bone, menuai sorotan. Pasalnya, sampul pada lembaran soal try out itu, terpasang foto salah satu kandidat Bupati Bone, A Irsan Idris Galigo.
Andi Akbar, guru SMA 2, yang ikut mengawas jalannya try out di sekolahnya, memprotes halaman sampul soal try out. Menurut dia, adanya gambar salah satu foto kandidat terkesan dipolitisir, yang ditujukan pada siswa kelas III yang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada pertengahan bulan April.

Dia sangat menyayangkan try out yang seharusnya dijauhkan dari kegiatan-kegiatan yang bersifat politik. Seperti penempatan gambar salah satu kandidat Bupati Bone.
Menurutnya, try out adalah kegiatan untuk menguji kemampuan siswa sebelum pelaksanaan UN. Try out dilaksanakan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bone, sehingga dia mempertanyakan pemasangan foto Irsan Galigo pada halam sampul soal-soal try out yang dikerjakan siswa.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Bidang SMA dan MA, Nursalam mengatakan, pemasangan foro Irsan Galigo tersebut dikarenakan dia sebagai pihak penyelenggara.

“Try out ini dilaksanakan oleh Forum Pemuda Bone yang dipimpin Irsan Galigo,” ujarnya, Minggu (1/4/2012).

Namun hal ini dibantah Andi Akbar. Menurut dia tidak hubungan antara try out dengan Ketua Forum Pemuda Bone, karena yang melaksanakan try out adalah Dinas Pendidikan Nasional. Tidak dibenarkan pihak ketiga menyelenggarakannya.

“Kalau pihak ketiga yang selenggarakan dimana dana BOS yang biasa dipakai untuk try out,” katanya.

Wakil Ketua Komisi IV Andi Darwis Massalinri mengecam tindakan Dinas Pendidikan sebagai pihak penyelenggara yang harus bertanggung jawab, kenapa soal-soal try out ditempeli foto kandidat bupati.

“Itu tidak benar dasar apa. Itu kan dipolitisir. Semua akal-akalan. Nanti kita panggil Kepala Dinasnya,” ujarnya

Politisi PAN ini berang ketika dikonfirmasi melalui telpon genggamnya dari Jakarta. Menurut dia, apa pun alasannya, try out untuk siswa- kelas III yang akan mengikuti ujian nasional bulan ini, semua ada biayanya dari pemerintah sehingga tidak perlu pihak lain ikut menyelenggarakannya, apalagi itu kandidat bupati.

Dia menduga ini akal-akalan pihak tertentu untuk membidik pemilih pemula. “Aturannya dari mana sehingga fotonya Irsan Galigo ditempeli di lembaran soal yang dikerjakan siswa?" tukasnya.Informasi yang diperoleh, try out yang diselenggarakan kemarin merupakan tahap terakhir dari dua kali try out. Tahap pertama dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Saat itu tidak ada foto Irsan Galigo. Foto tersebut bocor ke media setelah diprotes salah satu guru yang mengawas pelaksanaan try out di SMA 2 Watampone.

Sasa salah seorang siswa peserta try out mengaku tidak tahu menahu apa maksud foto yang dipasang pada lembaran soal yang dikerjakannya. “Saya tidak tahu itu untuk apa,” katanya.

Pelaksanaa try out kemarin diikuti 5360 siswa SMA dana 1459 MA. Para siswa ini akan mengikuti UN pada bulan April nanti.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5968 seconds (0.1#10.140)