Suhu udara capai 34.6 derajat hingga awal April

Senin, 26 Maret 2012 - 09:45 WIB
Suhu udara capai 34.6...
Suhu udara capai 34.6 derajat hingga awal April
A A A
Sindonews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang memprediksi suhu udara di Kota Palembang panas sampai tiga hari kedepan.Saat ini suhu udara mengalami kenaikan dari normal 32 derajat celcius menjadi 34,6 derajat celcius.

Menurut Kepala BMKG Kenten Palembang,Muhammad Irdam saat ini cuaca ekstrim melanda semua wilayah di Indonesia termasuk Kota Palembang dengan suhu udara yang tinggi. Pengaruh posisi matahari yang dekat dengan bumi membuat suhu udara panas. Akibatnya suhu udara di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya mengalami peningkatan menjadi 34,6 derajat celcius atau naik dari suhu udara normal.

“Sekarang suhu udara naik karena posisi matahari mendekati bumi.Istilahnya posisi matahari sedang ada di equatornya,” jelasnya. Sejak tanggal 21-22 Maret, poisisi matahari, jelas dia,tepat berada di Khatulistiwa sehingga suhu udara meningkat drastis. Menurutnya fenomena alam seperti itu biasa terjadi dua kali dalam satu tahun. Namun dibandingkan tahun lalu, suhu kali ini terbilang tinggi karena bisa mencapai 35 derajat celcius.

“Tahun lalu 34 de-rajat celcius tapi tidak sampai 35 derajat.Kalau kali ini bisa saja mendekati sebab sudah 34,6 derajat celcius,”ujarnya. Untuk itu selama periode beberapa hari kedepan masya-rakat diimbau mengurangi aktivitas keluar rumah.“Setelah tiga hari kedepan suhu udara diprediksi kembali normal karena matahari mulai kembali lagi menjauhi bumi, ”pungkasnya.

Reka Aprianti, 26 warga Sukabangun mengakui sepekan ini cuaca membuat tubuhnya berkeringat dan dkirinya sedikit kesulitan bernapas. “Panasnya luar biasa. Semua orang rata-rata mengeluhkan panas. Tak jarang saya mandi malam hari karena keringat terus bercucuran. Keberadaan AC tak banyak membantu karena cuaca sangat panas. Inginnya minum yang dingindingin terus.Semoga saja tidak sakit,”ujarnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)