Polhut Bantaeng perketat pengawasan hutan

Senin, 26 Maret 2012 - 00:02 WIB
Polhut Bantaeng perketat pengawasan hutan
Polhut Bantaeng perketat pengawasan hutan
A A A
Sindonews.com - Aparat Polisi Kehutanan (Polhut) Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Bantaeng Sulawesi Selatan (Sulsel) memperketat pengawasan hutan.

Kepala Bidang Polhut Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bantaeng, Bakhtiar Mudo mengatakan pengawasan itu dilakukan dengan tujuan untuk menghindari penebangan hutan secara ilegal di Bantaeng.

"Operasi pengamanan kawasan hutan sangat penting guna mengamankan hak-hak negara atas hutan dan hasil hutan dari hasil pembalakan dan perdagangan gelap," ungkap Bakhtiar menjelaskan, Bantaeng Sulawesi Selatan, Minggu (25/3/2012).

Sebelumnya Polhut melakukan patroli pengamanan hutan, setelah mendapatkan informasi mengenai aktifitas penebangan hutan di kawasan Desa Bonto Lojong, kecamatan Uluere, yang diperkirakan ditebang sejak sepekan lalu.

Namun setelah dilacak, kawasan penebangan pohon pinus itu ternyata diketahui adalah kawasan hutan rakyat. Meski demikian, Bakhtiar tetap meminta kepada warga sekitar untuk mengganti pohon yang ditebang itu dengan benih pohon baru.

Operasi pengamanan kawasan hutan perlu dilakukan secara terpadu agar kawasan hutan tetap terjaga dari ulah oknum yang tidak bertanggungjawab. “Kami juga berharap aparat desa dan masyarakat sekitar dapat memantau aktivitas penebangan hutan tersebut,” ungkapnya.

Pengawasan di lakukan dengan aksi patroli di kawasan kehutnaan secara rutin. Patroli itu dilakukan secara bersama antara dua sampai lima anggota Polhut. Kawasan hutan yang dianggap rawan penebangan di jelajahi setiap pekan untuk memantau aktivitas penebangan itu.

Sebelumnya, kepala dinas kehutanan dan perkebunan Bantaeng, Muhammad Hero juga memerintahkan untuk memperketat pengawasan hutan yang ada di Bantaeng. Dia menambahkan, rencananya, aparat kepolisian hutan akan mendapatkan kendaraan operasional berupa sepeda motor untuk menunjang aktivitasnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)