Nyepi, Bali seperti pulau tak berpenghuni

Jum'at, 23 Maret 2012 - 10:57 WIB
Nyepi, Bali seperti pulau tak berpenghuni
Nyepi, Bali seperti pulau tak berpenghuni
A A A
Sindonews.com - Anda pernah nonton film I Am Legend yang diperankan Will Smith? Digambarkan dalam film tersebut seluruh kota sepi, seolah tak berpenghuni. Hal tersebut yang terjadi di Bali. Perayaan Nyepi, Bali seperti pulau tak berpenghuni.

Hari ini, seluruh umat Hindu melaksanakan tapa berata penyepian. Tidak ada aktivitas di luar rumah sehingga menjadikan Bali benar-benar seperti pulau tak berpenghuni.

Sesuai surat edaran Gubernur Bali Nomor 003.2/6237/BKD tanggal 4 Oktober 2011, hari raya Nyepi dimulai hari ini pukul 06.00 WITA hingga Sabtu 24 Maret besok pukul 06.00 WITA.

Kota Denpasar dan daerah lainnya di Bali yang kesehariannya diramaikan aktivitas warga benar-benar terhenti total, sunyi dan hening.

Mulai perkantoran pemerintah dan swasta hingga fasilitas publik lainnya tutup. Semua ruas jalanan dipastikan lengang dan terus dijaga pecalang atau aparat keamanan desa adat.

Warga lebih banyak beraktivitas di rumah meskipun saluran televisi, radio atau TV kabel berhenti siaran sehingga praktis tidak ada hiburan.

"Untuk dispensasi secara tradisional diserahkan ke desa adat masing-masing seperti mengangkut orang sakit atau melahirkan," ujar Kasubag Humas Pemkot Denpasar Dewa Rai, Jumat (23/3/2012).

Suasana Nyepi Tahun Baru Saka 1934, tidak hanya dirasakan umat Hindu, umat lainnya juga menghormati dengan tidak beraktivitas di luar rumah. "Warga kami sejak lama hidup berdampingan secara damai. Saat Nyepi sekarang kami mematuhi ketentuan desa adat dan menghormati warga yang menjalankan Nyepi," kata Ketua Kelompok Perum Dewata Permai, Kecamatan Menwi, Badung, Cornelis Ndatangara.

Bahkan, wujud kerjasama dan menjaga kelancaran Nyepi, umat non Hindu dilibatkan pengamanan selama ibadah Nyepi. Warga perumahan diminta berpakaian adat berjaga dua jam bergantian sejak pukul 18.00 Hingga 06.00 WITA.

"Kami ingin barpartisipasi agar warga yang tengah Nyepi bisa menjalankan dengan lancar," imbuhnya.

Mengingat hari Nyepi bertepatan dengan hari Jumat, warga muslim yang melaksanakan ibadah Jumat diimbau berjalan kaki ke masjid atau musala terdekat.

Keheningan Nyepi begitu terasa terlebih sejak pagi langit di kota Denpasar dan sekitarnya diselimuti mendung. Sesekali keheningan Nyepi pecah oleh lolongan suara anjing hingga siulan burung maupun hewan lainnya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2917 seconds (0.1#10.140)