Lagi, dua gajah ditemukan mati dipenggal

Jum'at, 09 Maret 2012 - 15:42 WIB
Lagi, dua gajah ditemukan mati dipenggal
Lagi, dua gajah ditemukan mati dipenggal
A A A
Sindonews.com - Setelah ditemukan satu ekor bangkai gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau. Kali ini dua bangkai gajah ditemukan tewas dibunuh.

Hal itu terungkap setelah tim World Wildlife Fund (WWF) dan petugas dari Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) menyisir hutan. Menurut mereka, kondisi bangkai gajah lebih memprihatinkan.

"Setelah kita sisir lagi sekira 400 meter kita menemukan bangkai gajah terapung di sungai kecil. Kondisinya juga mengenaskan. Gadingnya juga diambil," kata Humas WWF Riau Syamsidar kepada okezone Jumat (10/3/2012).

Setelah itu, tidak jauh dari lokasi bangkai gajah yang di sungai, pihaknya juga menemukan bangkai gajah. Kali ini kondisinya lebih mengenaskan, kepala dan bandan terpisah. Pelaku sengaja memenggal kepala gajah untuk diambil gadingnya.

Dengan ditemukan dua ekor lainnya, berarti sudah tiga ekor hewan raksasa yang nyaris punah ini ditemukan mati dan kurun waktu kurang dari sepekan.

"Lokasi penemuan gajah ini berada di hutan Teso Nilo. Ini merupakan kawasan perlintasan gajah," ungkapnya.

Gajah Sumatera merupakan satu-satunya spesies gajah dunia yang masih bertahan di Indonesia. Saat ini habitat sangat kritis dan terancam punah.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3936 seconds (0.1#10.140)