Ribuan pack rokok ilegal berhasil diamankan

Kamis, 08 Maret 2012 - 21:41 WIB
Ribuan pack rokok ilegal berhasil diamankan
Ribuan pack rokok ilegal berhasil diamankan
A A A
Sindonews.com - Peredaran ribuan pack rokok ilegal hasil produksi rumah tangga di kawasan Candi-Sidoarjo tanpa menggunakan cukai rokok asli berhasil digagalkan Bea Cukai Juanda Surabaya. Untuk mengelabuhi konsumen, rokok ilegal ini dikemas dengan menggunakan cukai bekas yang ditempel lem, dan diedarkan disejumlah daerah di luar Pulau Jawa.

Upaya pengiriman dan peredaran lebih dari dua ribu pak rokok ilegal berbagai merk ke berbagai daerah di luar Pulau Jawa melalui sejumlah perusahaan ekspedisi.

Dari hasil pemeriksaan petugas, ribuan pak rokok ilegal ini merupakan hasil produksi rumah tangga yang dilakukan tersangka berinisial BSR (40), warga Candi-Sidoarjo. Oleh tersangka, rokok ilegal ini didapat dari pengumpul rokok batangan di Malang, yang kemudian dikemas sedemikian rupa menyerupai kemasan rokok pada umumnya.

Dilihat dari kemasannya, rokok ilegal ini hampir sama dengan kemasan rokok pada umumnya, namun jika dilihat dari cukai rokok, terlihat berbeda karena kusut dan seperti bekas pakai. Rokok ilegal ini dikemas dengan menggunakan cukai bekas, yang ditempel secara tradisional dan menyebabkan kerugian negara Rp100 juta lebih.

Terungkapnya kasus peredaran ribuan pak rokok ilegal ini merupakan hasil kerja keras intelijen Bea Cukai Juanda yang menindak lanjuti laporan masyarakat terkait maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran yang dijual dengan harga murah.

Untuk kepentingan pemeriksaan, saat ini ribuan pak rokok ilegal itu diamankan di kantor Bea Cukai Juanda-Surabaya. Sementara tersangka dititipkan di Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng Waru-Sidoarjo. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3587 seconds (0.1#10.140)