Dihantam badai, 2 kapal tenggelam

Kamis, 08 Maret 2012 - 17:53 WIB
Dihantam badai, 2 kapal tenggelam
Dihantam badai, 2 kapal tenggelam
A A A
Sindonews.com – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Rabu 7 Maret 2012 lalu ternyata menimbulkan berbagai peristiwa. Selain pohon tumbang dan rumah nyaris rubuh di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, dua unit kapal (Speedboat dan kapal pompon) tenggelam di perairan laut di wilayah itu.

Kapal Speedboat tersebut tenggelam dihantam badai di sekitar perairan Pulau Pane yang berisi sebanyak 16 orang penumpang. Sementara, kapal pompong milik W. Nainggolan yang diawaki sebanyak tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) tenggelam di perairan Pulau Situngkus (Pulau Ilik).

Komandan Pangkalan (Danlanal) Sibolga Ridwan Purnomo melalui Pasintel Lanal Sibolga Kapten Rianto Agung saat dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut.

“Kejadian itu atas tenggelamnya satu unit Speedboat yang ditumpangi 16 warga terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Speedboat dihantam gelombang yang tingginya mencapai 3-4 meter. Sementara kapal pompong tersebut tenggelam sekitar pukul 15.00 WIB,” katanya menjawab wartawan di ruang kerjanya, Kamis (8/3/2012).

Rianto mengatakan, saat menerima informasi itu, pihaknya (Lanal Sibolga) langsung mengerahkan Kapal Mansalar menuju perairan Barus bersama puluhan personil beserta satu unit kapal penyelamat untuk menyelematkan ke-16 penumpang.

Ketika dilakukan pencarian, ke 14 warga yang keseluruhan diketahui warga Barus ditemukan terdampar di Pulau Pane dikawasan Pantai PAL 7 sekira pukul 14.30 WIB. Selanjutnya, petugas dan warga mengevakuasi dan membawa para korban kembali ke Barus.

Sementara dua orang lainnya terdampar di perairan Barus dan juga berhasil terselamatkan. “Dari informasi yang kita dapat, mereka terdampar karena terseret ombak,” katanya.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya sejauh ini belum menerima adanya korban jiwa atas angin kencang yang melanda perairan pantai barat Sumatera Bagian Utara khususnya diperairan laut Kabupaten Tapteng. (azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5399 seconds (0.1#10.140)