Sopir bus malam tes narkoba

Kamis, 08 Maret 2012 - 08:22 WIB
Sopir bus malam tes narkoba
Sopir bus malam tes narkoba
A A A
Sindonews.com – Tim gabungan dari Satlantas Polres Magelang, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang memeriksa kesehatan sopir bus malam di Terminal Muntilan, sore kemarin.

Pemeriksaan secara spontan ini untuk mengantisipasi sopir bus yang mengemudikan angkutan umum di bawah pengaruh narkoba. Kapolres Magelang AKBP Guritno Wibowo melalui Kasat Lantas AKP Jamal Alam menjelaskan, pemeriksaan sopir bus ini sengaja dilakukan mendadak untuk mengetahui keadaan sebenarnya di lapangan. Jadi tidak ada sopir yang bisa mengelak jika memakai narkoba atau obat terlarang lainnya.

”Kami juga sengaja menjemput bola dengan mendatangi para sopir supaya lebih efektif dan tidak mengganggu pelayanan penumpang. Para sopir hanya transit sebentar, jadi tidak sempat melakukan pemeriksaan kesehatan di posko,” paparnya di sela-sela pemeriksaan, Rabu 7 Maret 2012.

Pemeriksaan tes narkoba dan alkohol ini dilakukan dengan menggunakan alat rapid tes atau alat deteksi melalui urine.

Pemeriksaan difokuskan kepada sopir bus antarkota antarprovinsi. Setiap pemeriksaan membutuhkan waktu selama lima menit.Selain dites narkoba dan alkohol, mereka menjalani tes kesehatan secara umum. Kasi Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Yakub Subekti menambahkan, dalam kegiatan operasi ini tim gabungan memeriksa kelayakan kendaraan.

Tim menemukan sejumlah pelanggaran, di antaranya ada kendaraan yang kacanya pecah. Juga ada kendaraan yang izin angkutannya untuk pariwisata tapi digunakan untuk angkutan umum. Sutrimo (38) salah satu pengemudi Bus Putra Remaja yang menjalani pemeriksaan, mengaku tidak keberatan atas kegiatan itu.

Hal itu justru membantunya untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa sopir di Magelang terbebas dari narkoba atau minuman terlarang.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7232 seconds (0.1#10.140)