Gus Ipul: Kiai Faqih sosok yang tabah

Kamis, 01 Maret 2012 - 11:41 WIB
Gus Ipul: Kiai Faqih sosok yang tabah
Gus Ipul: Kiai Faqih sosok yang tabah
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulloh Yusuf menilai sosok KH Abdullah Faqih, pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Tuban, adalah sosok ulama yang istimewa dan luar biasa.

Kiai Faqih (Panggilan KH Abdullah Faqih), menurut Saifulloh, memiliki kepedulian yang tinggi dan tidak mau tinggal diam. Selain ulama yang istiqomah (Konsisten), Kiai Faqih juga sosok yang tidak hanya berbicara saja melainkan berjuang langsung.

"Beliau itu orang yang luar biasa. Waktu beliau hanya untuk umat dan sangat tabah dalam menjalani cobaan hidup. Ketabahan beliau terlihat ketika ditinggal putera kesayangannya itu," kata Gus Ipul (sapaan akrab Saifulloh Yusuf) kapada wartawan, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/3/2012).

Mantan Ketua Umum PP GP Ansor ini juga mengaku memiliki banyak kenangan dengan almarhum. "Saya sering dinasehati beliau dengan penuh kearifan dan diberi isyarat," tambahnya.

Secara pribadi, Gus Ipul menganggap sosok KH Abdullah Faqih ini banyak berjasa terhadap dirinya. "Mudah-mudahan amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan putera-puteri yang ditinggalkan bisa
meneruskan perjuangan beliau," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KH Abdullah Faqih meninggal pada pukul 19.00 WIB. Kiai Faqih sendiri merupakan orang yang berjasa ketika pencalonan KH Abdurrahman Wahid sebagai Presiden dengan membentuk 'Poros Langitan'. Karena restu dari sang Kiai sepuh inilah, Gus Dur dapat menduduki kursi RI satu. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6765 seconds (0.1#10.140)