Mahfud MD jadi Orang Makassar

Kamis, 01 Maret 2012 - 11:02 WIB
Mahfud MD jadi Orang Makassar
Mahfud MD jadi Orang Makassar
A A A
Sindonews.com - Mahfud MD jadi "orang Makassar. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu diberi gelar Karaeng Tojeng. Pemberian gelar Karaeng Tojeng kepada Mahfud MD dilakukan di Istana Balla' Lompoa Galesong Takalar Sulawesi Selatan, hari ini.

Pemangku Adat Galesong I Mallarangang Karaeng Gassing mewakili masyarakat Galesong membacakan surat pernyataan pemberian gelar itu.

Mahfud MD resmi menyandang gelar itu ditandai pemasangan Songkok Biring Bulaeng oleh Ketua Lembaga Adat Galesong Muhammad Roem Karaeng Mattawang. Songkok Biring Bulaeng adalah topi yang dikenakan pemuka adat Bugis Makassar yang terbuat dari serat lontar dan dililit serat emas.

"Pak Mahfud mewakili sifat dasar orang Makassar, Berani, jujur, cerdas dan berada. Dia mampu menampilkan sifat itu dalam setiap pengambilan keputusannya di MK. Pak Mahfud mampu memberikan contoh sifat itu dalam kesehariannya, "tutur Roem dalam sambutannya di Takalar Sul-Sel Kamis (1/3/2012).

Sementara itu, mewakili kerabat Karaeng Galesong, Aminuddin Salle Karaeng Patoto menjelaskan gelar Karaeng Tojeng adalah milik putra sulung Sultan Hasanuddin dari istri keempatnya. "Namanya I Manindori Karaeng Tojeng, Karaeng Galesong Tu Menanga ri Tappakna. Dia meninggal di Ngantang Malang Jawa Timur, "urai Aminuddin.

Menurut Aminuddin, Tojeng artinya benar atau kebenaran. Sehingga, dalam Makassar terdiri atas kata Karaeng dan Tojeng. "Gelar Karaeng pada seorang bangsawan yang mencapai derajat Kariem Hamba dari yang Mulia. Pak Mahfud memegang institusi kebenaran bernama MK. Kami berharap sifat dasar leluhur kami dapat dipertahankan Pak Mahfud di sana, "jelas Aminuddin.

Dia berpendapat, Indonesia butuh pemimpin tegas dan jujur di tengah musibah karena oknum pejabat yang culas dan korup. Masyarakat menjadi terpengaruh karena contoh menyimpang dari mereka. "Pemimpin yang inovatif dan kreatif penting demi membawa bangsa ini ke arah yang diidamkan. Seperti dalam Pancasila dan Konstitusi kita, "ucapnya.

Bagi Mahfud MD sendiri, pemberian gelar itu bukanlah basa basi tapi untuk berjuang seperti empat sifat kepemimpinan seperti yang dimiliki Karaeng Tojeng itu. "Rakyat sering menderita karena pemimpinnya tidak jujur dan tegas. Padahal kalau pemimpin itu jujur, mau menderita bersama rakyatnya. Berani memperjuangkan yang benar, rakyat tidak akan menderita, "pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7944 seconds (0.1#10.140)