238 warga pecandu heroin aktif

Rabu, 29 Februari 2012 - 08:49 WIB
238 warga pecandu heroin aktif
238 warga pecandu heroin aktif
A A A
Sindonews.com – Kenyataan cukup ironis terjadi di wilayah Kabupaten Temanggung. Sebab, Lembaga Swadaya Masyarakat( LSM) Yayasan Mitra Alam Surakarta mencatat ada 238 orang warga di kabupaten ini sebagai pecandu heroin aktif.

Data itu terungkap dalam kegiatan rapat Koordinasi Penanggulangan HIV-AIDS yang dilakukan di Loka Bhakti Praja, Kompleks Sekretariat Daerah Temanggung, kemarin. Rapat ini dihadiri LSM Yayasan Mitra Alam dan juga dari jajaran Pemkab Temanggung. ”Kami melakukan kegiatan pendampingan bagi orangorang yang terkait obat-obatan terlarang.

Saat kami melakukan pendampingan, diketahui sedikitnya ada 238 orang pecandu heroin aktif ada di wilayah Kabupaten Temanggung ini,’’ kata Ligi,anggota Yayasan Mitra Alam dalam rapat. Dia menyatakan,kecanduan heroin ini merupakan penyakit yang kronis dan kambuh-kambuhan.

Atas temuannya ini, Ligi meminta dukungan dari semua stakeholder di wilayah Temanggung ini untuk mengatasinya. Semuanya harus memberi dukungan kepada para pecandu itu untuk mengatasi kecanduannya. Dia melihat ada harapan penanganan untuk ratusan pecandu itu dengan adanya rencana pendirian klinik Program Terapi Rehabilitasi Metadon (PTRM).

Namun keberhasilan penanganan melalui klinik itu, diperkirakan hanya sekitar 20% . Menanggapi hal ini, Asisten II Sekda Temanggung, Suyono mengatakan,Pemkab Temanggung siap dan selama ini terus melakukan upaya preventif masyarakat menjadi pecandu heroin dan obat-obatan terlarang lainnya.

Melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK),pihaknya selalu malakukan sosialisasi bahaya mendekati dan mengkonsumsi barang-barang haram itu. Bahkan melakukan operasi untuk menangkal penyebaran dan menekan jumlah penggunanya.” Namun kami meminta pihakkepolisian,jugaagarlebih gencar melakukan operasi untuk menanggulangi agar pengguna narkoba tidak semakin banyak,’’ katanya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0322 seconds (0.1#10.140)