Semeru Waspada 3

Selasa, 28 Februari 2012 - 06:01 WIB
Semeru Waspada 3
Semeru Waspada 3
A A A
Sindonews.com - Sudah sepekan aktivitas Gunung Semeru terus meningkat. Status gunung semula siaga telah ditingkatkan menjadi Waspada 3. Selama sepekan itu juga, hujan abu terus terjadi. Akibatnya warga yang tinggal di daerah sekitar gunung mengeluhkan berbagai penyakit seperti diare, sesak nafas dan mata perih.

Kondisi paling parah dialami warga yang tinggal di Desa Sukosari dan Pandansari Kecamatan Poncokusumo. Yang mengkhawatirkan abu vulkanik itu bercampur dengan gas beracun.

Ervina Anggraeni salah seorang warga mengatakan tiap malam dirinya mendengar suara gemuruh. Selain hujan abu juga merasakan peningkatan suhu di permukaan tanah. "Tanah menjadi lebih panas dibandingkan sebelumnya," tutur Ervina, Senin (27/2/2012).

Sementara itu untuk mencegah memburuknya kesehatan warga, Taruna Tanggap Berencana (Tagana) membagikan 4.000 masker yakni Poncokusumo, Wajak, Ampelgading dan Tirtoyudo. Tagana juga mendirikan tenda tenda darurat di setiap desa. "Ada 4.000 masker sudah kami bagikan" ujar Korlip Tagana Dwi Adi.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7707 seconds (0.1#10.140)