Balita gizi buruk kritis

Senin, 27 Februari 2012 - 09:00 WIB
Balita gizi buruk kritis
Balita gizi buruk kritis
A A A
Sindonews.com – Fajar, balita berusia 1,2 tahun di Kabupaten Bone mengalami kondisi yang kritis akibat menderita gizi buruk.

Saat ini dia mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) M Yasin, Watampone. Anak pertama dari pasangan Hamsiar dan Hastuti ini hanya memiliki berat badan 4,0 kg atau jauh di bawah berat badan balita normal seusianya, yakni 6 hingga 8 kg.

Warga Desa Mario, Kecamatan Dua Boccoe ini masuk RS M Yasin sejak,Kamis (23/02) lalu dan langsung dirawat intensif oleh dokter Haeriani yang menanganinya. Menurut Hamsiar, anaknya pernah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru pada Mei 2011 lalu dengan kasus yang sama yakni gizi buruk.

Hanya saja, Hamsiar mengaku awalnya tidak mengetahui kalau anak pertamanya itu mengalami gizi buruk.Nanti setelah kondisi anaknya semakin lemah dan berat badannya kian menurun, baru dibawa ke RS Tenriawaru untuk mendapatkan perawatan.

“Setelah dua minggu dirawat di RS Tenriawaru, kondisi Fahar mulai membaik sehingga diperbolehkan pulang,” tutur Hamsiar saat ditemui SINDO di Watampone, kemarin. Namun, lanjut dia, kondisi Fajar kembali memburuk pada Januari lalu dan dirawat di puskesmas di desanya.

Perawat yang menanganinya merujuk Fajar ke rumah sakit. “Atas persetujuan semua keluarga, kami kemudian membawa Fajar ke RS M Yasin dengan modal jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas),” tuturnya.

Dari pantauan SINDO di RS M Yasin, kondisi Fajar cukup kritis. Dia diberi oksigen yang dipasang di hidungnya. Jangankan makan,pasien gizi buruk ini juga sulit diberi Asi. Sang ibu yang terus menemani Fajar, seringkali meneteskan air mata.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Bone Andi Darwis mengaku terkejut dengan terus bertambahnya anak balita yang mengalami gizi buruk di daerah berjuluk Kota Beradat ini. Darwis juga berjanji akan mengunjungi Fajar di RS M Yasin dan akan memberikan bantuan. “Hari Senin (hari ini) saya akan datang membesuk anak itu (Fajar),” ujarnya (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)