Pelantikan pejabat langgar etika

Senin, 27 Februari 2012 - 07:52 WIB
Pelantikan pejabat langgar etika
Pelantikan pejabat langgar etika
A A A
Sindonews.com – Pelantikan 142 orang pejabat eselon II dan IV di lingkungan Pemkab Sukabumi, menyisakan kekecewaan bagi Wakil Bupati Sukabumi Ahmad Jajuli.

Dia menilai penyelenggaraan rotasi tersebut telah melanggar etika administratif. “Jujur saja saya sangat tersinggung dengan pelantikan 142 orang pejabat,belum lama ini. Jelas sekali terdapat pelanggaran etika dalam pelaksanaannya, terutama etika administratif.

Dalam hal ini bukan masalah ceremonial pelantikannya, tapi proses menuju pelantikannya,”kata Jajuli kepada SINDO. Diungkapkannya, dari 142 pejabat yang dilantik,terdapat tiga nama yang tidak termasuk dalam daftar PNS yang telah disetujui oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat).

Jajuli menduga sebelum digelarnya pelantikan, terdapat perubahan daftar nama yang dilakukan tanpa diketahui Baperjakat. “Saya adalah Baperjakat dan sudah membubuhkan tanda tangan sebagai tanda menyetujui dalam lembaran daftar142 pejabat yang akan dilantik.

Tapi nyatanya ada beberapa nama yang tidak termasuk dalam lembaran itu, tapi turut dilantik. Ini tentu saja saya sangat tersinggung. Seharusnya jika ada perubahan personal, harus dilaporkan terlebih dahulu.Tapi nyatanya pelaporan tersebut tidak pernah ada,”ujar Jajuli.

Sementara itu, Direktur Direktur Public Advocacy of Monitoring and Riset (Pucymoris) Bambang Rudiyanto mengatakan, pelantikan 142 pejabat di eselon II dan IV di lingkungan Pemkab Sukabumi terindikasi bernuansa politis. “Terjadinya perubahan daftar di tengah perjalanan menuju pelantikan, sudah menguatkan bahwa rotasi ini sangat politis,” katanya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9773 seconds (0.1#10.140)