Penambang pasir tetap nakal

Jum'at, 24 Februari 2012 - 09:34 WIB
Penambang pasir tetap nakal
Penambang pasir tetap nakal
A A A
Sindonews.com – Jebolnya dua titik tanggul Kali Brantas tak membuat para penambang pasir liar berhenti beraktivitas. Hingga kemarin masih saja ada penambang yang beroperasi.

Dalam razia pagi kemarin, terlihat sedikitnya tujuh perahu penambang pasir yang beroperasi di Dusun Kangkungan, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar.

Petugas menyita beberapa drum pelampung di sekitar terminal pasi, pipa dan selang untuk menyedot pasir. Bak-bak penampungan pasir di lokasi juga dirusak dan dibakar petugas. Aktivitas penambangan pasir di titik ini memang telah lama berlangsung.

Namun sejak ambrolnya tanggul di titik Desa Mlirip, penambang di titik itu beralih ke Desa Lengkong, yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari Dam Rolak Songo.

”Sudah lama.Tapi memang beberapa minggu ini malah ramai.Tapi kami juga tidak bisa berbuat apa-apa.Karena beberapa penambang memang berasal dari desa ini juga,”ungkap salah satu warga.

Kepala Satpol PP Kabupaten Mojokerto Tri Mulyanto mengatakan, razia sengaja digelar karena dalam pengintaian anak buahnya, ada beberapa perahu penambang pasir yang beroperasi di Desa Lengkong.

Menurut Tri, sejak ambrolnya tanggul di titik Desa Mlirip,pihaknya selalu memantau aktivitas penambang.

”Tadi malam (kemarin malam), anah buah saya ada yang mengintai.Paginya kami langsung bergerak,” ungkap Tri.

Penangkapan di titik penambangan Desa Lengkong ini, pihaknya mengaku mengalami kesulitan. Itu karena di sisi utara sungai, merupakan wilayah Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo.

”Situasi ini tetap akan kami jaga agar tidak sampai ada perahu penambang lagi yang beroperasi,”tambahnya.

Sementara itu, hingga kemarin tanggul yang jebol di sisi timur Dam Rolak Songo belum juga dilakukan perbaikan. Dam yang ambruk setinggi 4 meter dan sepanjang sekitar 15 meter itu tergerus karena tingginya debit Kali Brantas.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9152 seconds (0.1#10.140)