Waduk Jatibarang terancam molor

Kamis, 23 Februari 2012 - 09:08 WIB
Waduk Jatibarang terancam molor
Waduk Jatibarang terancam molor
A A A
Sindonews.com - Target operasional Waduk Jatibarang pada tahun 2013 terancam gagal. Hingga saat ini Satuan Kerja Non-Vertikal Tertentu (SNVT) Pembangunan Waduk Jatibarang Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum belum bisa membebaskan lahan seluas 14 hektare di sekitar waduk.

Dalam rapat kerja lintas sektoral yang digelar Komisi C DPRD Kota Semarang kemarin terungkap pembebasan lahan terkendala dana.

”Kami berharap proses pembebasan lahan itu bisa selesai tahun ini.Sebab, musim penghujan 2013 mendatang waduk siap untuk digenangi,” kata Kepala SNVT Pembangunan Waduk Jatibarang Mochamad Mazid.

Sebanyak 14 hektare lahan tersebut diketahui 13 hektare milik warga dan satu hektare (ha) milik Perum Perhutani. Belasan hektare tanah itu bagian dari lahan untuk resapan air.

Jika kendala itu tidak segera diselesaikan, target penggenangan waduk akan molor.
”Dampaknya, pemanfaatan waduk tidak akan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya. Mazid mengungkapkan, Waduk Jatibarang membutuhkan lahan seluas 226 ha untuk catchment area.

Dari luasan itu dibutuhkan dana pembebasan setidaknya Rp180 miliar. Ketua Komisi C Zulkarnaini bisa memaklumi keterbatasan SNVT di pembebasan lahan tersebut. Semestinya pihak-pihak yang terlibat di perjanjian sharing dana berkomitmen sehingga kendala 14 ha bisa dihindari.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)