Lapas Kerobokan dibakar saat Kalapas ke luar kota

Rabu, 22 Februari 2012 - 10:40 WIB
Lapas Kerobokan dibakar...
Lapas Kerobokan dibakar saat Kalapas ke luar kota
A A A
Sindonews.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan dibakar narapidana Blok C1 dan C2 yang terlibat bentrok dan mengamuk. Salah satu ruang yang dibakar adalah milik Kepala Lapas Kerobokan Bowo Niriwono.

Beruntung, saat dibakar, Niriwono tidak berada di tempat karena tengah dinas luar kota. Kerusuhan meledak sekira pukul 23.00 Wita, Selasa 21 Februari 2012 malam, dimana ratusan napi bertindak brutal merusak dan membakar fasilitas penjara terbesar di Bali itu.

Kerusuhan yang berlangsung hingga subuh tadi, mendapat perhatian jajaran Muspida Bali. Nampak Gubernur I Made Mangku Pastika, Bupati Badung Anak Agung Gde Agung, Kapolda Irjen Pol Totoy Herawan Indra terjun ke lapangan paska bentrok terjadi.

"Pak Kalapas tengah mengikuti rapat teknis di Jakarta," ujar Kepala Keamanan LP Kerobokan Anang, di Bali, Rabu (22/2/2012).

Walhasil, yang mendampingi dan memberi penjelasan kepada polisi, gubernur dan bupati seputar amuk napi itu Kepala Keamanan Lapas. Anang juga nampak sibuk melaporkan peristiwa amuk napi itu ke Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM lewat telepon.

Sebenarnya, saat bentrokan napi beberapa hari lalu, Kalapas Bowo sempat pulang kembali ke Lapas untuk ikut menenangkan warga binaannya. "Waktu itu Pak Kalapas sempat ragu saat pergi lagi ke Jakarta mengikuti rapat sampai akhirnya terjadi peristiwa ini," imbuh seorang petugas Lapas.

Hingga kini, belum diketahui penyebab bentrokan napi berujung aksi pembakaran, karena kepolisian masih fokus untuk mengendalikan keadaan dan mengamankan Lapas. "Masih dilakukan penyelidikan," singkat Wakapolda Bali Brigjen Pol Ketut Untung Yoga. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0904 seconds (0.1#10.140)