Imigran asal Afghanistan ditangkap di Yogyakarta

Jum'at, 17 Februari 2012 - 16:18 WIB
Imigran asal Afghanistan...
Imigran asal Afghanistan ditangkap di Yogyakarta
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 36 imigran gelap asal Afghanistan ditangkap Polres Bantul, saat transit di Yogyakarta. Para imigran ini, rencananya akan berangkat menuju Australia.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan pengembangan penangkapan tersebut. Untuk selanjutnya, kasus penangkapan itu ditangani Polres Bantul.

"Memang tadi pagi ada laporan masuk dari Bantul. Bahwa dari Polres Bantul masyarakat lapor ada 36 imigran gelap dari Afghanistan. Mereka minta diantar ke tengah laut karena di sana ada kapal menunggu, tapi masyarakat tidak mau dan lapor ke Polres Bantul. Sekarang sedang ditangani Polres Bantul," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/2/2012).

Ditanya sebab imigran itu masuk ke Indonesia, Saud mengaku masih dalam pengembangan. Termasuk siapa yang akan membawa mereka ke negara tujuan selanjutnya, dan negara mana yang akan menjadi tujuan. Dugaan sementara, para imigran ini berencana menuju Australia.

"Kita belum tahu, masih diinterogasi oleh Polres Bantul," terangnya.

Lebih lanjut, Saud mengaku anak buahnya mengalami kendala dalam mencari titik terang dari masalah ini. "Salah satu kendala khususnya dari bahasa, jadi mereka tidak akan mengungkap terus terang mereka dari mana dan siapa yang fasilitasi dan mereka seakan-akan tidak mengerti dengan bahasa, itu problem kita yang utama," jelasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5977 seconds (0.1#10.140)