Alasan Dewan Adat Dayak tolak FPI

Selasa, 14 Februari 2012 - 12:43 WIB
Alasan Dewan Adat Dayak tolak FPI
Alasan Dewan Adat Dayak tolak FPI
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Biro Pemuda Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah Yansen Binti menegaskan penolakan keberadaan Front Pembela Islam (FPI) adalah keinginan seluruh masyarakat adat Dayak Kalimantan Tengah.

Alasannya, falsafah budaya Huma Betang Dayak tidak ingin diganggu FPI yang dianggap mengedepankan kekerasan.

"Terkait dengan apa yang disampaikan kepada Kepolisian atau aparat keamanan itu silakan, dan kami juga siap menghadapi adanya tuntutan-tuntutan atau pun gugatan terkait dengan penolakan kami terhadap FPI," jelas Yansen, Selasa (14/2/2012).

Penolakan terhadap anggota FPI ini dilakukan ratusan warga Palangkaraya sejak tiba di Bandara Tjilik Riwut, Kalimantan Tengah pada Sabtu siang.

Terkait kejadian ini Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang melakukan pertemuan tertutup di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah dengan para tokoh agama dan tokoh adat.

Hasil pertemuan disepakati bahwa penolakan pelantikan FPI tersebut tidak ada kaitannya dengan agama dan suku. Semua pihak menyatakan masalah tersebut telah selesai dan siap kembali menciptakan kondisi rukun dan damai serta menghindari upaya adu domba.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)