Sebab kecelakaan maut di Cisarua

Senin, 13 Februari 2012 - 12:44 WIB
Sebab kecelakaan maut di Cisarua
Sebab kecelakaan maut di Cisarua
A A A
Sindonews.com - Minimnya rambu lalu-lintas di jalur puncak menyebabkan kecelakaan maut bus Karunia Bakti yang menewaskan belasan penumpang dan warga di Pasar Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat sore.

Hal itu terungkap saat penyelidikan petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Polres Bogor.

Dalam penyelidikan itu, diketahui sebab kecelakaan maut terjadi karena kelalaian manusia atau human eror dan minimnya rambu lalu-lintas, jalan berliku dan curam, serta banyaknya penghalang pemandangan pengemudi seperti reklame dan pohon di sepanjang jalur puncak.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, jalur puncak banyak terdapat belokan tajam dan turunan, namun tidak ditemukan rambu lalu lintas.

Kalaupun ada, hanya peringatan dan rambu tersebut posisinya bersembunyi sehingga tidak bisa dilihat para pengendara. Faktor lain penyebab kecelakaan adalah banyaknya tanjakan dan turunan tajam serta berbelok.

Selain itu, banyak juga pohon yang menutupi pandangan serta reklame liar di sepanjang jalan. Bahkan terdapat reklame yang posisinya miring dan bisa jatuh suatu saat jika tidak segera dibenarkan.

Kendati begitu, banyaknya kecelakaan akhir-akhir ini, tidak membuat para pedagang yang ada di sepanjang jalan raya puncak khawatir. Mereka tetap berjualan meski dihantui kendaraan yang menabrak warungnya. Padahal sewaktu-waktu nyawa para pedagang terancam. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5874 seconds (0.1#10.140)