Perbaikan jembatan ambles tunggu lelang, warga terisolasi

Senin, 13 Februari 2012 - 09:03 WIB
Perbaikan jembatan ambles tunggu lelang, warga terisolasi
Perbaikan jembatan ambles tunggu lelang, warga terisolasi
A A A
Sindonews.com - Jembatan penghubung Desa Situ-Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta ambles sedalam 1,5 meter. Praktis warga Desa Sukajadi nyaris terisolasi lantaran jembatan berkonstruksi baja itu menjadi satu-satunya akses terdekat ke Kecamatan Pasawahan atau Kota Purwakarta.

Namun, Pemkab Purwakarta tidak bisa memerbaikinya dalam waktu dekat, meski pemerintah telah menganggarkan Rp2 miliar melalui APBD 2012.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku anggaran tersebut harus menunggu proses lelang. Sementara, proses lelang belum dapat dilaksanakan karena adanya mekanisme dalam pencairan APBD yang belum selesai. Dedi juga menilai, kondisi jembatan itu belum mengakibatkan warga Desa Sukajadi terisolasi.

Sebab, warga masih bisa menggunakan jalur memutar melalui Desa Cileunca, Kecamatan Bojong atau melalui Desa Parakan Lima, Kecamatan Jatiluhur untuk sampai ke Purwakarta.

"Penanganannya nanti. Pembangunan jembatan juga akan digeser ke lokasi lain. Jika perbaikan tanpa memindahkannya, maka kondisi serupa akan kembali terjadi. Dari awal kami telah memperingatkan agar jangan dilintasi kendaraan roda empat. Tapi tetap saja ada yang melintas. Sehingga beban jembatan bertambah saat konstruksinya sudah tidak stabil," tegas Dedi.

Amblesnya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang 50 meter ini terjadi Sabtu (11/2) malam sekitar pukul 20.00 WIB, setelah sebelumnya terjadi hujan deras. Kondisi itu membuat kontur tanah rentang terjadi gerakan tanah dan tidak mampu menahan terjangan air hujan. Sehingga jalan di ujung bagian utara jembatan terjadi patahan.

Patahan itu yang membuat jembatan bergeser dan turun sedalam 1,5 meter dari posisi semula. Sebetulnya sebelum hujan, jembatan itu juga sudah terlihat bergeser. Warga Desa Sukajadi pun mengurungkan niat untuk melintas jembatan.

Mereka khawatir jembatan ambruk saat dilintasi. Kemarin, warga desa berusaha melakukan penanggulangan sementara sehingga jembatan tetap bisa difungsikan untuk pejalan kaki atau sepeda motor.

"Tapi, jika hujan besar lagi, pastinya jembatan ini sudah ambruk," kata Nana Erdiana (46), warga Desa Sukajadi.

Kondisi jembatan penghubung antar desa ini sebenarnya sudah dua tahun bergeser dari posisi semula. Warga juga sudah berkali-kali melapor ke pemerintah. Namun tak pernah ditanggapi serius. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7992 seconds (0.1#10.140)