1.820 Km jalan rusak

Kamis, 09 Februari 2012 - 08:27 WIB
1.820 Km jalan rusak
1.820 Km jalan rusak
A A A
Sindonews.com – Dari total panjang ruas jalan diKabupaten Simalungun sejauh 2.600 kilometer (Km) yang tersebar di 31 kecamatan,sekitar 1.820 km atau 70% dalam kondisi rusak berat dan ringan.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga Pemkab Simalungun Jhon Sabiden Purba melalui Kabag Humas M Andreas Simamora, kerusakan jalan itu bila tidak ditangani secara serius bakal semakin bertambah.

Diperkirakan dalam kurun waktu 5 atau 6 tahun ke depan ruas jalan di KabupatenSimalungun hanya tinggal sekitar 0,5% saja yang dapat dilintasi. Oleh karena itu,Pemkab Simalungun tahun ini memberikan perhatian serius untuk menangani kerusakan jalan kabupaten dengan skala prioritas.

”Tahun ini Pemkab Simalungun berupaya mengoptimalkan perbaikan jalan kabupaten yang sudah cukup lama tidak tertangani,dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp120 miliar lebih,” paparnya.

Menurut Andreas dibandingkan pada 2011, anggaran penanganan jalan kabupaten di Kabupaten Simalungun naik tajam hampir 600%.Tahun lalu alokasi penangan jalan hanya mampu ditampung di APBD sekitar Rp30 miliar lebih.

Pemkab Simalungun tahun lalu mampu memperbaiki kerusakan jalan kabupaten dari rusak berat dan ringan menjadi baik sepanjang 43 km. Sedangkan tahun ini ditargetkan kerusakan jalan dapat ditangani sepanjang sekitar 140 km.

“Jadi sampai 2015,Pemkab Simalungun membutuhkan anggaran sekitar Rp1,8 triliun untuk memastikan kerusakan jalan tertangani secara menyeluruh,” tandasnya.

Sementara itu,Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon meminta Pemkab Simalungun membuat aturan tegas untuk menertibkan kendaraan bermotor yang melebihi kapasitas saat melintas jalan.Sebab,kendaraan yang kelebihan muatan menjadi salah satu pemicu utama kerusakan jalan kabupaten.

”Pemkab Simalungun harus membuat aturan tegas, seperti Peraturan Daerah (Perda) yang memberikan sanksi tegas bagi kenderaan bermotor yang melebihi kapasitas. Dengan demikian kerusakan jalan kabupaten bisa dikurangi,” tandas politisi Partai Golkar itu. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6614 seconds (0.1#10.140)