E-KTP tak laku di pedalaman

Rabu, 08 Februari 2012 - 09:38 WIB
E-KTP tak laku di pedalaman
E-KTP tak laku di pedalaman
A A A
Sindonews.com – Kesadaran masyarakat untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), khususnya di wilayah pedalaman, masih sangat minim. Hingga akhir Januari 2012, perekaman e- KTP baru mencapai 79,51%.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Musi Rawas (Mura) H Dian Chandera mengatakan, pihaknya tetap optimistis, meski ditarget rampung pada April mendatang.

“Memang sekarang kondisi perekaman e-KTP terhambat karena minimnya kesadaran, khususnya komunitas adat terpencil (KAT) yang tidak mengetahui pentingnya pembuatan e-KTP,” ungkap Dian kemarin.

Menurutnya, meski ada sebagian masyarakat yang masih kurang kesadarannya untuk melakukan perekaman e-KTP, hal itu tidak menyurutkan petugas untuk terus melakukan perekaman e-KTP. Kepala Bidang (Kabid) Informatika Tanang menambahkan, penyelesaian target e- KTP tetap ada.

Bahkan, dari pemerintah pusat ditargetkan selesai perekaman pada April 2012. Namun, pihaknya kini lebih fokus pada perekaman untuk masyarakat KAT.

Terpisah, Bupati Mura H Ridwan Mukti mengatakan, petugas kecamatan tidak menjadikan permasalahan yang ada menjadi hambatan dalam penyelesaian e-KTP. Khususnya, dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0505 seconds (0.1#10.140)