Jadi kurir sabu, bandara periksa ketat pilot

Selasa, 07 Februari 2012 - 10:56 WIB
Jadi kurir sabu, bandara periksa ketat pilot
Jadi kurir sabu, bandara periksa ketat pilot
A A A
Sindonews.com - Dugaan jika pilot menjadi kurir sabu karena mereka mempunyai keistimewaan masuk bandara dan pesawat, ternyata sudah diantisipasi oleh pengelola Bandara Juanda yaitu PT Angkasa Pura I.

General Manager PT Agkasa Pura I Trikora Harjo mengatakan jika pemeriksaan barang bawaan penumpang, ternyata sudah lama diberlakukan juga kepada kru pesawat.

“Semua yang berkepentingan di Bandara Juanda harus dilakukan pengecekan atau pemeriksaan melalui x-ray dan walks through tanpa kecuali. Termasuk kru pesawat,” ujar Trikora saat dihubungi.

Dengan demikian, Trikora meyakinkan agak susah bagi kru pesawat termasuk pilot menjadi kurir barang narkotika karena mereka juga melalui pemeriksaan ketat.

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) sempat mencurigai jika tidak menutup kemungkinan bagi pilot pesawat menjadi kurir sabu. Pasalnya, mereka dinilai mempunyai akses yang luas untuk dapat masuk bandara dan pesawat.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf sebelumnya juga meminta kepada pengelola bandara untuk melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap kru pesawat termasuk pilot. Permintaan Gus Ipul ini sebagai respons atas tertangkapnya pilot Lion Air yang mengkonsumsi sabu.

"Jangan hanya penumpang saja yang melewati pemeriksaan ketat. Kalau perlu, pilot juga harus diperiksa. Kasus seperti ini tidak boleh terulang dan berharap ini yang terakhir," harap Gus Ipul.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)