Mulai sekarang, kurangi kantong plastik

Senin, 06 Februari 2012 - 09:36 WIB
Mulai sekarang, kurangi kantong plastik
Mulai sekarang, kurangi kantong plastik
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berharap penggunaan kantong keresek yang digunakan masyarakat dikurangi. Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda mengungkapkan, saat ini rancangan peraturan daerah (raperda) diet kantong plastik sudah diajukan dan sedang dalam tahap pembahasan program legislasi.

Walaupun perdanya belum ada, pemerintah tetap mengimbau masyarakat tak menggunakan kantong plastik. Tidak hanya warga, perusahaan dan toko-toko pun sudah diminta untuk tak menggunakan kantong plastik dan menggantinya dengan kantong yang ramah lingkungan.

“Setelah perda ada, kita sosialisasikan, tapi sekarang pun sudah ada perusahaan yang menggunakan kantong daur ulang,” ujar Ayi di sela-sela kegiatan diet kantong plastik di Taman Cikapayang, Dago,kemarin.

Hal sama pun dikatakan Kepala BPLHD Kota Bandung Ahmad Rekotomo. Menurut dia, pengurangan penggunaan kantong plastik dengan kantong ramah lingkungan sudah dilakukan Pemkot Bandung sejak Desember 2010 lalu. Sosialisasi itu pun sudah disampaikan produsen, termasuk ritel yang ada di Kota Bandung.

“Saat ini ada empat perusahaan ritel yang telah mengubah kantong plastik yang suasah terurai dengan kantong plastik ramah lingkungan.Penggunaan kantong plastik ini bisa berulang kali,tapi mudah terurai. Kita terus kampanyekan agar mengurangi penggunaan kantong plastik,karena sampah kantong plastik susah terurai. Pada catur wulan kedua atau Mei mendatang, raperda akan kita bahas,”papar Rekotomo.

Dia menambahkan, pada acara kampanye diet penggunaan kantong pelastik yang digelar Generation Indonesia di Taman Cikapayang itu sekaligus mengajak warga Kota Bandung menukarkan dua kantong plastik dengan kantong lipat siap pakai yang bisa digunakan berulang kali.

Perwakilan Generation Indonesia, Tian, mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan kampanye diet kantong plastik dengan tajukHeadbag Mob.

“Acara ini mengajak warga Kota Bandung untuk menukarkan dua kantong kresek, yang diganti dengan tiga tas lipat. Kami siapkan 500 kantong lipat dan sudah habis. Warga Bandung sangat antusias. Tas ini dibagikan gratis,”sebut Tian. Kampenye diet kantong plastik ini dilakukan karena saat ini masih banyak warga yang menggunakan kantong plastik atau kresek. Padahal, kantong plastik ini sangat sulit terurai. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3714 seconds (0.1#10.140)