Semeru luncurkan lava pijar sejauh 750 Meter

Jum'at, 03 Februari 2012 - 09:52 WIB
Semeru luncurkan lava pijar sejauh 750 Meter
Semeru luncurkan lava pijar sejauh 750 Meter
A A A
Sindonews.com – Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut di Kabupaten Lumajang meluncurkan guguran lava pijar sejauh 500 hingga 750 meter, kemarin.

"Hari ini saya mendapat informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro bahwa terlihat luncuran material lava pijar dengan jarak 500-750 meter dari puncak Semeru sekitar pukul 07.15 WIB," kata Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Rochani, kemarin.

Menurut dia, guguran lava pijar tersebut masih jauh dari pemukiman penduduk di lereng gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Jarak pemukiman warga dari puncak Semeru berkisar sembilan kilometer.

"Status Semeru masih di Level II atau Waspada,sehingga masyarakat di lereng gunung tersebut tidak boleh beraktivitas di radius empat kilometer dari puncak Semeru," kata Rochani yang juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lumajang itu.

Sementara itu, Rochani juga mengabarkan bahwa jalur selatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang di kawasan Piket Nol atau Kilometer (KM) 57 dari arah Malang tertimbun longsor, Kamis sore sekitar pukul 15.15 WIB.

Rochani mengatakan longsoran tersebut menutup badan jalan, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Saat ini, kami masih menunggu alat berat untuk membersihkan longsoran yang terdiri dari sejumlah bongkahan batu besar dan lumpur karena tidak bisa menggunakan peralatan seadanya," tuturnya.

Kawasan Piket Nol merupakan puncak tertinggi yang menghubungkan Kabupaten Lumajang-Malang melewati jalur selatan yang melewati daerah pegunungan di lereng selatan Gunung Semeru dengan kondisi jalan yang berkelokkelok dan rawan longsor.

Rochani, arus lalu lintas di kawasan Piket Nol tidak ditutup total karena kendaraan bisa melewati jalur tersebut dengan ekstra hati-hati dan bergantian. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7490 seconds (0.1#10.140)