Konflik lahan, PT RJM dan PT BSS sepakat damai

Selasa, 31 Januari 2012 - 10:09 WIB
Konflik lahan, PT RJM dan PT BSS sepakat damai
Konflik lahan, PT RJM dan PT BSS sepakat damai
A A A
Sindonews.com - Konflik lahan antara PT Realita Jaya Mandiri (RJM), bidang pertambangan, dengan PT Berkat Sawit Sejati (BSS), bidang perkebunan kelapa sawit, menemui titik terang.

Kedua perusahaan sepakat berdamai dan tidak melakukan aksi massa dalam menyelesaikan masalah. Kesepakatan damai dicapai setelah Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Pahri Azhari bersama unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida) kemarin turun ke lokasi konflik di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba.

"Kita minta agar masalah dituntaskan tanpa ada kekerasan. Untuk itu,semua pihak harus dapat menahan diri dan berkepala dingin untuk kepentingan masyarakat," kata Pahri kemarin.

Menurut Pahri, kedatangannya untuk melihat langsung permasalahan yang terjadi yakni dengan mengumpulkan data secara aktual di lapangan dan data secara administratif. Rombongan mengunjungi lokasi tambang PT RJM dan mengelilingi perkebunan PT BSS di samping juga mendatangi kediaman Kades Sidomulyo yang tengah melaksanakan selamatan pelantikan Pahri-Beni.

Direktur PT RJM Arif mengaku sudah memperpanjang kerja sama dengan menyewa lahan warga seluas 100 hektare dan tidak ada hubungannya dengan PT BSS, meskipun perjanjian sebelumnya berakhir Mei 2012. "Kita sepakat hingga bulan Mei mendatang tidak ada pengerahan aksi massa namun operasional perusahaan tetap jalan," katanya.

Humas PT BSS Gunawan Siregar menegaskan, pihak PT RJM diizinkan menambang dengan status pinjam pakai lahan. Namun, kenyataan pihak PT RJM belum melakukan bahkan enggan mengembalikan 50 hektare lahan yang dipinjamkan tersebut.

Sebelumnya, akibat konflik lahan tersebut nyaris terjadi bentrok fisik antara kedua perusahaan yang masing-masing mengerahkan massa baik itu warga maupun karyawan perusahaan. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9077 seconds (0.1#10.140)