Kadis Pertambangan ESDM Bone dinonjobkan

Selasa, 31 Januari 2012 - 09:23 WIB
Kadis Pertambangan ESDM Bone dinonjobkan
Kadis Pertambangan ESDM Bone dinonjobkan
A A A
Sindonews.com – Kepala Dinas Pertambangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bone Rosalim dinonjobkan dalam mutasi pejabat yang dilakukan Bupati Bone AM Idris Galigo, kemarin.

Pencopotan Rosalim itu ditengarai terkait politik menjelang Pilkada Bone 2013. Posisi Rosalim ditempati Sayuti, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Perhubungan. Sementara pejabat yang menggantikan posisi Sayuti, yaitu Sumardi Suaib. Dalam mutasi itu, 34 pejabat eselon dilantik, yakni eselon IIb 13 orang, eselon IIIb 17, dan 4 pejabat eselon IV.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten Bone Achmad Amien mengungkapkan, Rosalim akan menempati pos baru sebagai staf khusus asisten I. "Dia akan menjabat staf khusus," kata Amien kepada SINDO melalui telepon seluler dari Makassar. Rosalim yang dinonjobkan mengaku tidak kecewa dengan pencopotan dirinya sebagai kepala Dinas Pertambangan ESDM.

Namun, dia merasa pencopotan itu terkait keterlibatannya menyosialisasikan besannya, Ambo Dalle, yang mencalonkan diri sebagai wakil bupati berpasangan dengan Andi Fahsar Padjalangi di Pilkada Bone 2013. "Saya PNS, tetap menghormati dan tunduk pada keputusan bupati. Namun, saya akan tetap memberikan dukungan kepada Ambo Dalle karena dia besan saya," ujar dia.

Diketahui, hubungan keluarga ini terjadi karena putra Ambo Dalle menikah dengan putri Rosalim. Dalam hubungan kerabat seperti ini, Rosalim memilih mendukung Ambo Dalle dibanding Irsan Idris Galigo, putra Bupati Bone AM Idiris Galigo. Irsan disebut-sebut akan maju bertarung sebagai calon bupati di Pilkada Bone 2013. Rosalim mengaku, dibesarkan Idris Galigo.

Pada Pilkada Bone 2008, Rosalim merupakan tim sukses pemenangan pasangan Idris Galigo dan Said Pabokori. Sebagai balas jasa, Idris Galigo melantik Rosalim sebagai kepala Dinas Pertambangan dan ESDM hingga dinonjobkan, kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Ridwan menegaskan, saat ini Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Bone masih menggodok pejabat yang dinilai pantas menduduki jabatan eselon IIb yang lowong, seperti Dinas Tanaman Pangan. Untuk mengisi kekosongan ini, Bupati menunjuk Kadis Perkebunan dan Kehutanan Bone Asmar Arabe.

Menurut dia, ada dua pejabat eselon IIb yang dipertimbangkan Baperjakat untuk mengisi jabatan kosong, seperti staf ahli bidang politik dan keamanan dirangkap Andi Muh Yamin (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga). "Ada beberapa pejabat yang rangkap jabatan dan ini akan segera diisi pejabat definitif. kepala bagian keuangan juga di-rangkap Asisten III Andi Maskul," paparnya.

Jabatan eselon II merupakan jabatan strategis sehingga Baperjakat yang diketuai Plt Sekkab Achmad Amien perlu mempelajari siapa yang layak menduduki jabatan tersebut. "Kami masih pelajari siapasiapa pejabat yang bakal menduduki pejabat eselon II tersebut," ujarnya. Dalam Januari ini, Bupati Idris Galigo sudah dua kali memutasi pejabat.

Pada pertengahan Januari lalu, Idris Galigo juga memutasi pejabat.Bupati Bone dua periode itu membantah mutasi yang dilakukannya bermotif politik. "Tidak ada politik. Ini (mutasi pejabat) demi kepentingan pemerintahan," pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4372 seconds (0.1#10.140)