Diterjang puting beliung, 14 orang tewas

Minggu, 29 Januari 2012 - 12:11 WIB
Diterjang puting beliung,...
Diterjang puting beliung, 14 orang tewas
A A A
Sindonews.com - Dampak puting beliung yang terjadi selama empat hari terakhir sangat besar. Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat di 35 kabupaten dan kota di Jawa dan Bali diterjang puting beliung.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, puting beliung terjadi di semua provinsi di Jawa dan Bali. Akibatnya secara keseluruhan, 14 orang meninggal dunia, 60 orang luka-luka dan 2.364 rumah rusak.

“Kerusakan rumah bervariasi, dari roboh hingga rusak ringan. Umumnya kerusakan karena terkena pohon roboh dan atap rumah yang terangkat oleh angin,” ungkap Sutopo dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (29/1/2012).

35 kabupaten dan kota tersebut diantaranya adalah Lebak, Tangerang, Pandeglang, Sukabumi, Bekasi, Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Majalengka, Garut, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, dan Bandung.

Daerah lainnya adalah Cianjur, Situbondo, Kediri, Blitar, Malang, Indramayu, Magelang, Boyolali, Semarang, Banyumas, Sleman, Jember, Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Ponorogo, Ngawi, Pasuruan, Magetan, Bangkalan, Sumenep, Tabanan, dan Denpasar.

14 korban meninggal tersebut akibat kejatuhan pohon tumbang, yaitu tiga orang di Tabanan, tiga orang di Purbalingga, dua orang di Kediri, dua orang di Banyumas. Sedangkan di Jakarta Selatan, Wonosobo, Ciamis, dan Pasuruan masing-masing seorang.

“Berdasarkan jumlah kerusakan rumah yang terparah terjadi Kepulauan Seribu, Banyumas, Banjarnegara dan Situbondo,” katanya.

Kejadian puting beliung yang masif itu sangat dipengaruhi adanya siklon tropis IGGY di selatan Nusa Tenggara dan Bali. Saat ini siklon tropis IGGY sudah makin melemah dan menjauhi wilayah Indonesia.

BPBD dan pemerintah daerah bersama TNI/Polri, dinas terkait dan masyarakat telah memberikan bantuan penangangan bencana. Logistik dan peralatan bantuan BNPB yang diberikan kepada BPBD provinsi sebagian telah didistribusikan kepada korban.

“Beberapa pemda telah memberikan santunan kepada keluarga korban dan bantuan perbaikan rumah,” tambahnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3476 seconds (0.1#10.140)