IPHI usul pembentukan badan haji

Minggu, 29 Januari 2012 - 08:01 WIB
IPHI usul pembentukan badan haji
IPHI usul pembentukan badan haji
A A A
Sindonews.com - Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) mendorong pemerintah dan DPR segera membahas naskah atau draf Rancangan Undang-Undang (RUU) pengganti UU No 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji.

Naskah RUU yang dibuat oleh IPHI tersebut telah rampung dan sudah disampaikan kepada presiden dan DPR.

Wakil Ketua Umum PP IPHI Basri Bermanda mengungkapkan, pihaknya telah membuat rancangan UU sebagai pengganti UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji. RUU ini, kata dia, telah disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua DPR Marzuki Ali.

“Konon Agustus 2012 ini, insya Allah akan jadi,” kata Basri Bernanda seusai melantik pengurus IPHI Sulsel periode 2011-2016 di Hotel Singgasana Makassar, Sabtu (28/1/2012).

Dia mengungkapkan, salah satu isi dalam RUU tersebut adalah pembentukan badan khusus yang akan mengurus penyelenggaraan haji. Badan haji ini, selanjutnya akan bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Dalam naskah RUU tersebut, kata dia, juga telah diatur sanksi hukum jika badan tidak bekerja secara sungguh-sungguh. “Jika pemikiran IPHI nanti diterima oleh DPRD sebagai institusi menentukan membuat UU bersama pemerintah, kami berharap haji dikelola oleh badan yang bertangungjawab langsung kepada presiden,” kata Basri.

Menurut dia, pemikiran ini didasari oleh keinginan penyelenggaraan haji agar lebih profesional, berkeadilan, serta kenyamanan dalam menyelenggarakan haji. “Azas keadilan dan kenyamanan harus menjadi pokok utama,” kata dia.

Olehnya, Basri meminta kepada seluruh pengurus IPHI, termasuk di Sulsel mendukung dan memberikan dorongan agar RUU yang telah diajukan tersebut segera dibahas dan disetujui oleh DPR.

Pelantikan
Basri Bermanda sengaja datang ke Makassar sekaligus untuk melantik Ketua IPHI Sulsel Agus Arifin Nu’mang periode 2011-2016. Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan Rakorwil V IPHI Sulsel yang dilaksanakan selama dua hari.

Agus Arifin Nu’mang berharap, pengurus yang baru dilantik dapat melaksanakan program yang akan dihasilkan dalam Rakorwil V IPHI Sulsel ini. Dia berharap, dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk mendukung program-program IPHI.

“Agar IPHI menjadi mitra strategis untuk pembinaan calon haji agar menjadi haji mabrur sepanjang hayat,” kata dia.

Gubenur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat membuka Rakorwil ini berharap, IPHI Sulsel bisa menjadi organisasi yang peka melihat kepentingan masyarakat di daerah ini. Dia mencontohkan, IPHI ikut serta menjaga suasana damai di daerah ini, terutama jelang momen politik Pilgub Sulsel 2013.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5015 seconds (0.1#10.140)