Pemko sterilkan pasar burung

Jum'at, 27 Januari 2012 - 09:32 WIB
Pemko sterilkan pasar burung
Pemko sterilkan pasar burung
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Medan berupaya memutus mata rantai penyebaran virus flu burung dengan melakukan penyemprotan vaksin di sentra-sentra pemeliharaan unggas, seperti di Pasar Burung, Jalan Bintang.

Penyemprotan vaksin kemarin langsung dilakukan oleh Wali Kota Medan Rahudman Harahap. Menurut Rahudman, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus flu burung di Medan. Karena belakangan beberapa kota di Indonesia sudah terjangkit virus mematikan ini,seperti di Jakarta dan Banten.

“Kepada masyarakat kita mengharapkan agar juga memelihara kebersihan dan segeralah laporkan ke aparat setempat jika ada unggas yang tiba- tiba mati,” ujar Rahudman.

Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan(Distanla) KotaMedan Wahid menyatakan, setelah di Pasar Burung,Jalan Bintang,pihaknya akan melanjutkan penyemprotan ke tempat lain. Sejauh ini, pihaknya sudah membagikan disifektan kepada camat dan lurah,sehingga dapat dilakukan penyemprotan di lingkungannya masing-masing.

“Dengan begitu, camat dan lurah dapat mengantisipasi lingkungannya dari virus flu burung, karena dari satu disinfektan itu dalam sekali penyemprotan hanya dibutuhkan 5mlpersatuliterair,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Distanla Kota Medan Dewi Nainggolan menambahkan, saat ini peralihan cuaca dari musim hujan menuju musim kemarau perlu diwaspadai.

Sebab, pada saat peralihan ini peluang penyebaran virus flu burung semakin besar. Untuk memperkecil risiko terjangkitnya virus flu burung dari perubahan musim,Distanla sudah membentuk Satgas Partisipan Desease Survailance Response (PDSR).

Satgas ini bertujuan untuk segera merespon kondisi unggas yang ada di Medan.“Kalau masyarakat ada menemukan unggas yang mati maka segera dilaporkan ke camat agar langsung bisa dipantau oleh satgas,” tegas Dewi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5291 seconds (0.1#10.140)