Enam kandidat Pilgup Aceh lulus baca Alquran

Selasa, 24 Januari 2012 - 20:26 WIB
Enam kandidat Pilgup Aceh lulus baca Alquran
Enam kandidat Pilgup Aceh lulus baca Alquran
A A A
Sindonews.com - Enam bakal kandidat gubernur dan wakil gubernur Aceh dinyatakan lulus uji mampu baca Alquran yang berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Mereka adalah pasangan baru yang mendaftar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membuka kran pendaftaran pemilihan selama tujuh hari.

Enam kandidat yang lulus adalah pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf (Partai Aceh), Hendra Fadli-Yuli Zuardi Rais (Perseorangan), dan Fakhrulsyah Mega-Zulfinar (Perseorangan).

"Setelah mendapat penilaian dari dewan juri, maka keenam-enam kandidat dinyatakan lulus atau mampu membaca Alquran ," kata. Ketua Pokja uji baca Alquran Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal dalam konferensi pers di Media Center KIP di Banda Aceh, Selasa (24/1/2012).

Akmal mengatakan, untuk bisa lulus dalam uji mampu baca Alquran, kandidat harus mampu mengumpulkan nilai minimal 50 poin dan enam kandidat yang dites tadi memenuhi nilai ditentukan. Yang diuji adalah tajwid, kefasihan bacaan dan adab.

"Setelah hakim penilai berembuk, maka mereka menyimpulkan bahwa Zulfinar meraih peringkat pertama perolehan nilai," ujar Akmal. Peringkat kedua diraih Zaini Abdullah, disusul kemudian Hendra Fadli, Muzakir Manaf, Yuli Zuardi Rais, dan terakhir Fakhrulsyah Mega.

KIP tidak mengumumkan nilai yang dicapai karena nilai tersebut hanya ada pada tim penilai dari unsur Majelis Permusyarwatan Ulama (MPU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Kanwil Depertemen Agama Aceh.

Uji mampu baca Alquran ini merupakan tahap ketiga yang digelar KIP. Sebelumnya, KIP telah menguji pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Teungku Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, dan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah.

Pada tahap kedua, KIP menguji pasangan Darni Daud-Ahmad Fauzi, yang mendaftar packaputusan sela MK pada November 2011. "Kita tetap memperlakukan semua kandidat sama, dengan metoda yang sama, dan juri yang sama pula," ujar Akmal.

Sementara uji mampu baca Alquran terhadap 19 pasang kandidat di kabupaten/kota akan dilakukan oleh KIP masing-masing daerah.

Hingga hari ini, KIP daerah belum melaksanakan uji baca Quran. KIP membuka pendaftaran calon hingga pukul 00.00 WIB nanti. Sejauh ini tercatat sudah ada 22 pasang kandidat yang mendaftar setelah MK membuka keran pendaftaran pada 17 Januari lalu. Mereka berasal dari unsur partai dan calon perseorangan.

Pemilukada Aceh yang akan digelar serentak di 17 Kabupaten/Kota terancam bergeser lagi dari jadwal 16 Februari 2012, karena KIP mengaku sulit melakukan serangkaian tahapan seleksi terhadap kandidat baru dalam tujuh hari ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7203 seconds (0.1#10.140)