Kandidat Partai Aceh dites baca Alquran

Selasa, 24 Januari 2012 - 13:50 WIB
Kandidat Partai Aceh dites baca Alquran
Kandidat Partai Aceh dites baca Alquran
A A A
Sindonews.com - Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh 2012-2017 yang mendaftar usai putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini diuji mampu baca Al quran di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Ketiga pasangan ini adalah Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, pasangan dari Partai Aceh. Kemudian Hendra Fadli-Yuli Zuardi Rais, dan Fakhrul Syah Mega-Zulfinar, masing-masing dari jalur perseorangan.

Zulfinar merupakan satu-satunya kandidat perempuan pilkada tingkat Provinsi Aceh ini.
Kedua pasangan dari jalur perseorangan tersebut rencananya sore ini akan mendaftar secara resmi ke Komisi Independen Pemilihan (KiP) Aceh.

Kali ini KIP membenarkan kandidat ikut seleksi baca Alquran dulu sebelum mendaftar. Komisioner KIP Aceh Akmal Abzal mengatakan, uji mampu baca Alquran salah satu syarat yang harus dipenuhi para kandidat.

"Kalau ada di antara bakal calon yang tidak ikut, maka mereka dinyatakan gagal," kata dia di sela seleksi, Selasa (24/1/2012).

Tes baca Alquran dinilai oleh dewan dari Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU), Lembaga Pengujian Tilawatil Quran (LPTQ), dan Kanwil Departemen Agama Aceh, difasilitasi KIP.

Ratusan warga ikut menyaksikan langsung uji baca Alquran bagi para kandidat ini. Para bakal calon diwajibkan membaca tiga surat, dengan ayat-ayat yang ditentukan dewan juri. Satu surat terakhir diambil dari juz amma.

Fahkrulsyah mendapat giliran pertama baca Al quran, disusul Yuli Zuardi Rais. Kemudian Muzakir Manaf dilanjutkan Zulfinar, Hendra Fadli, dan paling terakhir Zaini Abdullah.

Zainal Abzal mengatakan pihaknya akan mengumumkan kandidat-kandidat yang lulus uji baca Al Quran pada sore nanti setelah mendapat hasil penilaian dari dewan juri. "Kami tidak bisa intervensi, penilaian mutlak hak dewan juri," katanya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3166 seconds (0.1#10.140)